Sukses

7 Jenis Kucing Paling Langka di Dunia

Meski kucing merupakan hewan yang terbilang dekat dengan manusia, ternyata ada beberapa jenis dari mereka yang langka dan jarang ditemukan.

Citizen6, Jakarta Kucing merupakan salah satu jenis hewan yang disebut-sebut sebagai sahabat manusia. Sejarah kucing sama panjangnya dengan sejarah manusia, bahkan melebihi mungkin. Meski sekarang sudah banyak jenis kucing persilangan, namun ternyata ada beberapa jenis kucing yang sangat jarang ditemukan. Apa saja?

1. African Golden Cat

Kucing ini dapat ditemukan di daerah hutan hujan khatulistiwa. Meski diberinama 'golden', warnanya tidak selalu emas. Terkadang beberapa kucing jenis ini berwarna emas kemerahan, hingga abu-abu gelap. Warnanya yang unik membuat kucing ini banyak diburu. Kini kucing ini termasuk hewan yang terancam punah.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

Selanjutnya

2. Caracal Cat

Kucing ini mempunyai ciri-ciri ujung telinga yang panjang dan melengkung. Kucing jenis ini memiliki keistimewaan mampu bertahan hidup tanpa minum dalam jangka waktu yang lama. Kucing ini biasa ditemukan di Asia dan Afrika.

3 dari 7 halaman

Selanjutnya

3. Serval Cat

Rupanya seperti macan tutul versi kucing. Tak heran, sebab kucing ini merupakan kucing Afrika yang memiliki kaki panjang. Kucing ini juga diyakini sebagai nenek moyang dari singa dan cheetah. Serval cat banyak terdapat di daerah padang savana di Afrika. Mereka berburu seperti singa, hanya saja buruan mereka berukuran lebih kecil.

4 dari 7 halaman

Selanjutnya

4. Fishing Cat

Kucing ini biasa tinggal di daerah dekat perairan sehingga mereka mudah mendapatkan makanan. Ikan memang makanan utama mereka. Wajar jika mereka dijuluki 'fishing'. Kucing ini kini terancam punah akibat lahan basah yang dikeringkan untuk pemukiman manusia. Kucing ini hidup di daerah Asia dan Asia Tenggara.

5 dari 7 halaman

Selanjutnya

5. Margay Cat

Kucing yang hidup di daerah Brazil dan Meksiko ini jarang terlihat pada siang hari. Kucing ini biasa berburu pada malam hari. Meski disebut mirip kucing rumahan namun ukurannya lebih kecil dengan kaki yang lebih panjang.

6 dari 7 halaman

Selanjutnya

6. Pallas Cat

Bulunya yang tebal membuat kucing ini tampak lebih besar dari kucing biasa. Wajahnya juga terlihat unik dengan bentuk bulat dan sedikit gigi. Kucing yang hidup di daerah Eropa ini disebut-sebut sebagai spesies kucing tertua di dunia yang telah berkembang sejak 12 tahun lalu.

7 dari 7 halaman

Selanjutnya

7. Andean Mountain Cat

Merupakan kucing yang sangat langka. Dengan ukuran tubuh mencapai 2 meter, kucing ini termasuk kategori langka. Diperkirakan populasinya tinggal sekitar 2500 ekor. Kucing ini tinggal di daerah pegunungan Bolivia, Peru, Agentina, dan Cili.

 **Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini