Sukses

Ini Lho 5 Kota Surga Bagi Pecinta Buku

Kota-kota ini dijuluki sebagai kota buku karena banyaknya toko buku dan buku yang dijual. Kota apa saja?

Citizen6, Jakarta Membaca adalah salah satu kegiatan yang mengasyikkan dan menambah ilmu. Selain itu, dengan membaca kita bisa bepergian ke banyak tempat tanpa perlu mengunjungi tempat tersebut. Bangsa yang gemar membaca juga lebih cepat maju dibanding dengan yang tidak. Tak heran, negara-negara maju amat mecintai buku. Bahkan di beberapa negara tersebut terdapat kota yang dijuluki sebagai kota buku. Di mana saja tempat tersebut?

1. Jimbocho, Jepang

Di kawasan Asia, surga bagi pecinta buku terdapat di negara Jepang. Tepatnya di kawasan Chiyoda, yakni di distrik Jimbocho. Distrik Jimbocho merupakan pusatnya toko buku. Tak hanya itu, tempat ini juga menjadi pusat percetakan buku, toko seni, dan toko antik. Kelompok pecinta buku dan sastra memiliki tempat berkumpul khusus di sini. Jika Anda mengaku pecinta buku, Anda wajib berkunjung ke tempat yang satu ini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Selanjutnya

2. Redu, Belgia

Berdasarkan catatan sejarah, Kota Redu merupakan Kota Buku pertama di Eropa. Kota ini memiliki lebih dari 20 toko buku. Berdiri sejak tahun 1984, kota ini memiliki tepatnya 23 toko buku. Satu toko buku di sini bisa berisi lebih dari 20.000 buku. 

Tidak semua buku-buku di tempat ini merupakan buku baru. Di toko-toko bukunya juga menjual buku bekas yang banyak dicari orang. 200.000 wisatawan datang ke kota yang hanya berisi ratusan penduduk untuk mencari buku di kota ini. Tak hanya dari daratan Eropa, penggila buku juga datang dari Asia dan Amerika.

3 dari 5 halaman

Selanjutnya

3. Wigtown, Skotlandia

Kota kecil Wigtown terletak di barat daya Skotlandia dan diresmikan sebagai kota buku pada tahun 1998. Lebih dari 20-an toko buku berjejer di sini. Berbagai jenis buku bisa Anda temukan di sini. 

Selain menjual buku, di kota ini juga terdapat festival musim semi khusus bagi pecinta buku. Wigtown Spring Book Weekend biasa digelar pada awal Mei. Semua orang meramaikan festival bagi pecinta buku ini.

4 dari 5 halaman

Selanjutnya

4. Hay-on-Wye, Inggris

Desa yang memiliki nama unik ini terletak di Powny, Wales, Inggris. Nama ini sering diartikan sebagai kota buku meski tempat ini sesungguhnya adalah desa. Ada lebih dari 30 toko buku yang menjual berbagai jenis buku di desa ini. Bahkan buku langka pun dapat ditemukan di tempat ini.

Kota ini juga memiliki festival buku yaitu Hay Festival. Festival ini biasa berlangsung pada akhir bulan Mei hingga awal bulan Juni. Festival ini banyak stand buku yang didirikan, serta workshop penulis yang diadakan. Tak heran, ribuan wisatawan mendatangi tempat ini dari dalam dan luar negeri saat festival buku berlangsung.

5 dari 5 halaman

Selanjutnya

5. Bredevoort, Belanda

Kota ini terletak di sebelah barat Belanda. Kota buku ini memiliki lebih dari 20 toko buku. Anda dapat memilih buku yang Anda suka dan membacanya di taman kota yang tenang dan asri. Tak hanya itu, terdapat danau yang indah dan rerumputan nan hijau yang akan membuat Anda betah membaca buku di sini.

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini