Sukses

Ini 6 Agama Paling Unik yang Pernah Ada

Percayakah Anda banyak agama-agama yang mengajarkan hal-hal unik di dunia ini? Agama apa saja?

Citizen6, Jakarta Agama merupakan salah satu pengontrol manusia. Tanpa agama, manusia akan bertindak semena-mena, tak memedulikan orang lain. Agama juga memberikan ketenangan dan kebahagiaan. Bahkan penelitian menunjukkan, pasien yang sakit dan memasrahkan dirinya kepada Tuhan (sambil tetap berobat, tentunya), sembuh lebih cepat dibanding dengan pasien yang tak percaya akan Tuhan.

Nah, tahukah Anda. Ada beberapa agama unik di dunia ini yang mempunyai banyak pengikut. Agama-agama tersebut mengajarkan hal-hal yang unik, yang anehnya diikuti banyak orang. Agama apa saja?

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

Selanjutnya

1. Happy Science Religion

Agama yang satu ini dicetuskan oleh Ryuho Okawa di Jepang. Okama menyatakan misinya adalah untuk membawa kebahagiaan kepada semua umat manusia. Ia juga percaya bahwa ia merupakan inkarnasi spiritual tertinggi. 

Di beberapa buku yang ia tulis, ia mengatakan bahwa ia dibisikkan langsung oleh roh Budha, Yesus, Confucius, dan Muhammad SAW). Menurutnya, semua orang harusnya bersahabat karib dengan berbagai agama apapun. Ia juga mengklain bahwa Malaikat Jibril akan muncul di Bangkok dalam 50 tahun dan alien akan mengunjungi bumi dalam waktu 300-400 tahun lagi.

Okawa juga memasuki panggung politik di Jepang dengan membuat partai sendiri, yakni Happy Realization Party. Meski ajarannya terdengar aneh, sudah banyak orang yang menjadi pengikut agamanya ini.

3 dari 7 halaman

Selanjutnya

2. Aetherius Society

George King mengklaim dirinya sedang duduk di apartemennya pada tahun 1954 ketika tiba-tiba ia mendengar suara berteriak kepadanya, "Siapkan dirimu! Anda akan menjadi suara perwakilan antarplanet." King pun akhirnya mendirikan agama yg ia sebut Aetherius Society.

Dalam ajarannya, ia menggabungkan kebijaksanaan asing dari "Master Cosmic" dan Yoga menjadi sesuatu yang bermanfaat dan membawa keseimbangan bagi kemanusiaan. Ia percaya Yesus, Budha, dan Krishna sesungguhnya alien.

Salah satu klaim dari alien-alien tersebut menurutnya adalah memperingatkan mereka dengan bencana Chernobyl 4 jam sebelumnya. Saat ini King telah mempunyai pengikut sekitar 650 orang. 

4 dari 7 halaman

Selanjutnya

3. Raelism

Pembalap mobil berkebangsaan Prancis mengatakan bahwa ia dihubungi oleh orang asing dan menjadi penghubung antara manusia dengan alien. Alien tersebut menjulukinya Rael yang menjadi cikal bakal ajaran Raelism. Rael mengklaim alien membawanya ke planet Elohim. 

Di planet Elohim, Rael berkesempatan bertemu dengan Yesus, Budha, Joseph Smith, dan Konfusius. Alien tersebut mengajarkan tiga hal yang menjadi dasar ajaran Raelism. Tiga ajaran tersebut yakni: manusia diciptakan dalam laboratorium asing dari DNA 25.000 tahun yang lalu, alien akan mampir di Yerusalem pada tahun 2025, dan Rael harus me-relay pesan perdamaian dan mediasi sensual kemanusiaan. 

Raelism memiliki pengikut lebih kurang 30.000 orang.

5 dari 7 halaman

Selanjutnya

4. Jediism, the Jedi Religion

George Lucas tak pernah menyangka apa yang ia buat dalam film Star Wars kelak menjadi sebuah gerakan keagamaan. Jediism merupakan agama sebagai perpaduan antara Taoisme dan Budhiisme yang juga menggabungkan unsur ksatria abad pertengahan. 

Dalam agama ini terdapat konsep pedang cahaya, prajurit yang mengenakan jubah nilon. Dalam film Star Wars sendiri, Jedi adalah biarawan/ksatria yang mampu mengendalikan force dan terikat oleh kode moralitas dan keadilan. Force berarti energi yang memegang semesta bersama-sama dan mengalir melalui setiap materi. 

6 dari 7 halaman

Selanjutnya

5. The Curch of Ed Wood

Ed Wood adalah seorang sutradara yang memperoleh pengkultusan setelah ia meninggal. Kisah hidupnya sempat difilmkan dalam film Ed Wood yang diperankan oleh Johnny Depp. Dengan kata lain, Ed Wood merupakan agama pop-culture yang mengharapkan dapat membawa spiritualitas pada orang-orang yang tak menemukannya pada agama mainstream. 

Gereja Ed Wood memandang Ed Wood sebagai juru selamat yang menjunjung tinggi prinsip moral, pemahaman, dan penerimaan. Saat ini diklaim telah ada lebih dari 3000 gereja Ed Wood di seluruh dunia. 

7 dari 7 halaman

Selanjutnya

6. Pana Wave

Ajaran yang menentang ponsel dan gelombang elektromagnetik ini dicetukan oleh Yuko Cino. Dalam Pana Wave, terdapat sedikit ajaran Budha, sejumput Kristen, dan sedikit New-Age. Menurut ajaran ini, gelombang elektromagnetik sangat berbahaya dan menyebabkan perubahan iklim serta kerusakan lingkungan lainnya.

Untuk mencegahnya, mereka pun berdandan dengan pakaian putih, memakai master putih, mengendarai mobil putih, dan berkeliaran di pedesaan mencari perlindungan terhadap gelombang elektromagnetik. Ajaran ini bahkan percaya bahwa gelombang elektromagnetik sesungguhnya diciptakan oleh komunis untuk membunuh pemimpin mereka. Sampai saat ini ajaran ini masih lestari dan banyak pengikutnya. 

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.