Sukses

Menu Maksi: Yummy-nya Mie Lendir Ungu

Rasanya tak seseram namanya. Saat mencoba, dijamin ketagihan

Citizen6, Jakarta
Apa kabarnya nih teman-teman? Semoga sehat selalu, ya. Maaf banget kurang lebih 2 mingguan nggak posting dan bewe alias silaturahmi. Ngomongin kota Batam, ada salah satu kuliner yang wajib di coba kalau teman-teman ke Batam, namanya Mie Lendir.
 
Kaget? Saya aja kaget pas denger namanya, tapi pas makan kok langsung berubah drastis yak, enak banget. Pertama kali makan mie lendir tahun kedua pas tinggal di Batam, di sekolah tempat saya ngajar kalau ada yang ulang tahun pasti pada nraktir makanan. Salah satunya mie lendir. Kenapa namanya aneh gitu, ya? Mungkin kuahnya yang kental banget kayak lendir gitu, hehe. 
 
Berhubung stok mie warna dari Javara masih ada, dan kebetulan banget pas kangen Batam, jadilah saya pingin buat mie lendir ungu. Resepnya saya googling di mbah google, dari satu resep ke resep lain, akhirnya resepnya saya otak-atik sendiri, apa adanya stok di kulkas. Oh ya, resep aslinya pakai mie lidi, kuahnya pakai ubi jalar manis yang warna kuning, tapi berhubung adanya kentang jadi saya pakai kentang. Markimas, mari kita masak.

Bahan :
 
Mie ungu 1 bungkus
Kentang 1 buah, kukus lau haluskan
Kacang tanah 6 sdm, goreng haluskan
Gula merah 3 sdm
Daun seledri 2 buah, cincang
Daun bawang 2 buah, cincang
Air 4 gelas
Daun salam 1 lembar
Sereh 1 batang
Tepung maizena 2 sdm, atau jika kurang kental bisa ditambah
Gula
Garam
 
Bumbu halus :
 
Bawang putih 4 buah
Cabe merah 3 buah
1 ruas kencur
 
Bahan pelengkap :
 
Tauge secukupnya, rebus
Kol secukupnya, rebus
Cabe rawit hijau, iris tipis
Bawang goreng kriuk
Telur rebus
 
Cara memasak:
Rebus air, masukkan mie ungu dan minyak goreng 3 sdm, jika sudah matang angkat, tiriskan.
 
Kuah : Ulek bumbu halus, campur dengan kentang, kacang tanah, daun salam dan sereh. Rebus air, jika sudah mendidih masukkan bahan yang diulek, masukkan gula merah, garam dan gula. Tambahkan larutan maizena, aduk hingga rata, jika sudah matang angkat.
 
Penyajian : Tata mie di piring, tauge, kol, lalu siram kuah, taburi daun bawang dan seledri yang di cincang, cabe rawit dan bawang goreng kriuk. Jangan lupa telur rebus, bisa juga ditambahkan kerupuk. Hidangkan selagi hangat.
 
Ingin mencoba resep masakan lezat lainnya? Silakan intip di sini
 
Pengirim:

HM Zwan

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini