Sukses

Berhemat demi Keluarga, Laki-laki Ini 6 Bulan Tinggal di Gua

Keluarga adalah segalanya. Setiap kepala keluarga berusaha untuk membahagiakan keluarganya.

Citizen6, Jakarta Keluarga adalah segalanya. Setiap kepala keluarga berusaha untuk membahagiakan keluarganya.  Untuk membahagiakan adalah dengan mencukupi semua kebutuhannya. Namun kadang penghasilan tidak cukup. Satu-satunya cara adala berhemat. Menurut financial agar bisa hidup hemat, kita harus punya rencana pengeluaran dengan detail dan harus disiplin.

Berhemat demi Keluarga, Laki-laki Ini Tinggal di Gua

Namun berbeda dengan yang dilakukan oleh laki-laki 35 tahun yang berasal dari kota Jinan. Demi bisa mengirimkan uang untuk keluarga tersayangnya, laki-laki ini memutuskan untuk tinggal di gua yang sempit dan gelap.

Ia harus mengumpulkan uang sebanyak 3000 yuan per bulan untuk dikirim ke keluarganya yang berada di desa Doufuying kota Handan, Provinsi Hebei. Laki-laki bernama Shi Zhiyong ini harus membiayai orang tua, isteri dan dua anaknya yang masih kecil.

Berhemat demi Keluarga, Laki-laki Ini Tinggal di Gua

Seperti dilaporkan Xinhua News, lima tahun lalu ia memutuskan mencari pekerjaan ke kota dengan harapan memperoleh banyak uang untuk membiayai hidupnya. 

“Bekerja sebagai pengangut barang dari truk bisa memperoleh upah 3000 yuan di kota Jinan ini, namun jika dilakukan di kampungnya ia hanya akan dibayar 1,800 yuan. Itulah salah satu alasan kenapa Shi memutuskan pindah ke kota. 

Berhemat demi Keluarga, Laki-laki Ini Tinggal di Gua

Dari upah yang diterimanya itu ia hanya menghabiskan sekitar 200 yuan untuk membiayai hidupnya, termasuk sewa kamar, biaya telepon, karena menu makan sehari-hari disediakan di tempat kerjanya. Suatu hari di bulan Septembet, sewaktu jalan-jalan di Gunung Yaoshan ia menemukan gua sedalam 10 meter dan ia memutuskan untuk tinggal di sana demi menghemat uang 100 yuan.

Berhemat demi Keluarga, Laki-laki Ini Tinggal di Gua

Menurutnya, gua ini pernah dipakai untuk keperluan militer pada tahun 1970-an. Shi mengatakan bahwa setiap hari dia bangun tidur pukul 6 dan memakai kamar mandi perusahaan untuk membersihkan dirinya dan setelah pulang kerja di sore hari, ia mandi di pemandian umum yang berada di kaki gunung. 

Begitu keras kehidupan yang harus dilalui Shi, demi keluarga yang disayanginya, ia rela menderita.

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.