Sukses

Tanaman-tanaman Obat Ini Pengganti Deodoran

Tak perlu lagi menggunakan deodoran berbahan kimia yang berbahaya. Cukup gunakan tanaman-tanaman ini untuk menghilangkan bau badan

Citizen6, Jakarta Bau badan menjadi musuh kebanyakan orang. Tak heran, banyak cara dilakukan agar badan tak berbau. Salah satunya menggunakan deodoran. Padahal deodoran mempunyai banyak efek negatif karena terbuat dari bahan-bahan kimia.

Nah, jika ingin mencoba menghilangkan bau badan dengan cara yang aman, Anda dapat mencoba tanaman-tanaman yang bisa dimanfaatkan sebagai deodoran ini.

1. Jahe

Tanaman ini sebenarnya merupakan rimpang yang biasa digunakan sebagai obat tradisional. Efek menghangatkan tubuhnyasering dimanfaakan untuk mengatasi masuk angin dan rasa mual. Jahe juga mengandung zat antiviral, antitumor, antiinflamasi, antibakteri, dan antijamur. Tak heran jahe juga bisa dimanfaatkan untuk mengatasi bau badan.

Cara pemanfaatan: Ambil satu jahe sebesar satu jari. Kupas dan cuci bersih, potong halus. Rebbus dalam dua gelas air sampai tersisa satu gelas. Tambahkan gula merah sesuai selera. Minum selagi hangat. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Selanjutnya

2. Daun Beluntas

Tanaman ini memiliki nama Latin Pluchea indica. Ciri-cirinya berdaun bulat telur, tangkai pendek, dan berwarna hijau. Bunganya berwarna putih kecokelatan. Daun dan bunganya mengandung zat alkali yang bertindak sebagai antiseptik. 

Cara pemanfaatan: Daunnya dapat dimakan sebagai lalap bersama nasi dan lauk pauk. Selain itu dapat juga direbus dengan dua gelas air. Tunggu hingga tersisa satu gelas. Minum selagi hangat tiap pagi dan petang. 

 

3. Temulawak

Temulawak juga dapat dimanfaatkan untuk menghilangkan bau badan. Sebab, tanaman ini mengandung saponin, flavoinoida, dan minyak asiri yang berkhasiat menghilangkan jerawat dan menyegarkan tubuh, serta menghilangkan bau badan.

Cara pemanfaatan: Cuci bersih temulawak sebesar satu jari, potong halus. Rebus dengan segelas air bersama asam sesuai selera. Tunggu hingga tersisa setengah gelas. Dinginkan lalu diminum.

3 dari 4 halaman

Selanjutnya

4. Jeruk Nipis

Secara tradisional, jeruk nipis telah dipercaya sebagai obat batuk selama berabad-abad. Bahkan buah ini pernah diteliti peneliti di Ohio State Biotechnology di Amerika Serikat. Hasilnya adalah jeruk nipis kaya akan vitamin C. Selain itu, jeruk nipis juga dapat dimanfaatkan untuk menghilangkan bau badan. 

Cara pemanfaatan: Peras dua buah jeruk nipis. Ambil sedikit kapur sirih dan campur dengan perasan air jeruk tersebut. Oleskan pada ketiak.

 

5. Daun Sirih

Tanaman ini sudah familiar bagi masyarakat Indonesia. Nama Latinnya Piper betle. Daun sirih dikenal mengandung antiseptik dan zat aktif lain dengan manfaat menghilangkan bau badan. 

Cara pemanfaatan: Rebus lima lembar daun sirih dengan dua gelas air. Tunggu hingga tersisa satu gelas. Minum selagi hangat sehari sekali. Selain itu juga dapat dimanfaatkan dengan cara dihaluskan, campur sedikit kapur sirih, lalu dioleskan pada ketiak.

4 dari 4 halaman

Selanjutnya

6. Daun Kemangi

Daun kemangi banyak dijumpai sebagai lalap dalam menu santapan sehari-hari. Daun kemangi mengandung zat aktif yang berfungsi sebagai antiseptik. Zat ini dapat membantu memberantas bakteri penyebab bau badan. 

Cara pemanfaatan: Cuci bersih daun kemangi lalu dimakan sebagai lalap saat makan.

 

7. Bunga Kecombrang

Tanaman yang mempunyai nama Latin Nicolai speciosa ini sering dimanfaatkan sebagai tanaman hias. Namun banyak pula yang mengonsumsinya sebagai lalap. Rajin mengonsumsi tanaman ini bermanfaat untuk menjaga kesegaran aroma tubuh. Sebab tanaman ini mengandung sapomin, flavoinoida, dan polifenol.

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini