Sukses

4 Komunitas Fotografi Berbasis Ponsel

Kegemaran akan mengabadikan momen yang diimbangi dengan semakin canggihnya kamera ponsel memicu terbentuknya komunitas

Citizen6, Jakarta Kegemaran akan mengabadikan momen yang diimbangi dengan semakin canggihnya kamera ponsel memicu terbentuknya komunitas-komunitas fotografi berbasis ponsel. Komunitas ini juga semakin digandrungi karena kemudahan untuk mengunggah hasil foto secara langsung ke berbagai media sosial. Berikut empat komunitas fotografi berbasis ponsel:

1.    Mata Ponsel

Komunitas yang memiliki slogan "Melalui Mata Ponsel Kita Bicara" telah memiliki 7.000 followers di akun instagram @mataponsel. Komunitas ini aktif untuk melakukan hunting foto di berbagai daerah.
Mata ponsel juga mengembangkan fotografi ponsel dengan berbagai tema seperti Landscape, Levijump, dan BW. Jika ingin mencoba belajar fotografi ponsel, langsung saja bergabung dengan Mata Ponsel melalui akun instagram.

2.    Kofipon

Komunitas Fotografi Ponsel (KoFiPon) berdiri sejak 17 Maret 2009. Anggota dari komunitas ini tersebar di seluruh Indonesia namun berpusat di Yogyakarta.
Kofipon memiliki slogan "Bukan masalah kameranya, tapi siapa di belakang kamera itu yang mengambil gambar!". Dalam komunitas ini siapapun bebas untuk membagikan hasil foto mereka, dalam website Kofipon terdapat beberapa aturan yang harus kamu ketahui karena komunitas ini berfokus kepada pembelajaran Teknik Memotret itu sendiri.

3.    Kompe Mopahe

Komunitas ini berawal dari blog yang menampilkan hasil foto ponsel pribadi. Kemudian berkembang menjadi grup di facebook karena terdapat orang-orang yang tertarik untuk berbagi hasil foto mereka.
Komunitas ini memiliki slogan “Bersama KompeMopahe Tak Ada Alasan Untuk Tidak Bisa Memotret Lagi”. Blog ini menjadi wadah komunitas tersebut agar dapat memajang karya-karya serta berbagi cerita melalui foto.

4.    coferONE

coferONE di bentuk oleh Marken Nainggolan pada 6 November 2011. Berawal dari menampilkan foto di jejaring sosial kaskus yang ternyata digemari oleh pengikutnya. Setalah itu dibuatlah grup di jejaring sosial facebook.
Komunitas ini tidak hanya berfokus untuk saling membagikan foto. Di website coferONE kita juga dapat mempelajari tips dan trik fotografi ponsel seperti Studio Mini, Lensa Macro, dan Lampu LED.

Berbagai komunitas ini tentu membantu kita untuk mengembangkan kemampuan kita dibidang fotografi, semakin berminat untuk menjadi fotografer ponsel?

Penulis:

Nabila

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.