Sukses

Tips Konsentrasi Kerja Setelah Patah Hati

Anda masih berada dalam suasana sedih karena baru saja patah hati, tapi mesti tetap bekerja? Ini tips menanganinya

Citizen6, Jakarta Hubungan percintaan yang kandas tak jarang berpengaruh terhadap pekerjaan. Pekerjaan bisa terbengkalai saat Anda terlalu meratapi pasangan Anda yang meninggalkan Anda. Akan tetapi, bukankah hidup mesti terus berjalan?

Jangan biarkan diri Anda kehilangan pekerjaan hanya karena seseorang yang memang sudah seharusnya pergi dari kehidupan Anda. Berikut beberapa tips agar bisa tetap fokus bekerja di kantor setelah patah hati. 

1. Musik

Musik yang didengar amat berpengaruh terhadap mood. Susun lagu-lagu di daftar lagu Anda dengan lagu-lagu yang semangat ketimbang lagu sedih. Lagu sedih hanya akan membuat Anda semakin galau. Putar lagu-lagu bersemangat tersebut dan dengarkan lewat earphone saat berangkat kerja. Jika masih kurang, dengarkan pula saat bekerja. Musik-musik bersemangat akan menghindarkan Anda dari emosi negatif akibat putus cinta. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Selanjutnya

2. Makanan

Kebanyakan orang sehabis putus cinta merasa frustasi dan melampiaskannya pada makanan. Hati-hati, perhatikan makanan yang Anda makan. Jika memang ingin membuat suasana hati lebih baik, cobalah mengonsumsi cokelat. Namun, tentu saja Anda juga mesti menyeimbangkannya dengan makanan yang bergizi serta minum air yang cukup. Jangan sampai patah hati membuat Anda makan sembarangan atau malah malas untuk makan sama sekali. 

3. Perhatikan Penampilan

Seseorang yang baru saja putus cinta dapat terlihat dari caranya berpakaian. Pakaian kusut dan lusuh sudah cukup menandakan Anda baru saja ditimpa kesedihan. Akan tetapi, jangan biarkan ia berlarut-larut. Cobalah memilih warna pakaian yang cerah, hal ini akan berpengaruh terhadap suasana hati.

Selain itu, jika selama ini Anda kurang memperhatikan penampilan, tak ada salahnya Anda pergi ke salon dan memanjakan diri. Penampilan yang rapi akan membuat perasaan lebih baik. Bekerja pun akan terasa menyenangkan. 

3 dari 6 halaman

Selanjutnya

4. Menyimpan Benda-benda Kenangan

Singkirkan benda-benda yang membuat Anda mengingatnya dari meja kerja Anda. Foto maupun benda kenangan hanya akan membuat Anda tidak fokus bekerja. Bagaimanapun, hidup harus terus berjalan bukan?

5. Jangan Menghubunginya

Anda lebih kuat daripada yang Anda bayangkan. Tak perlu lagi memikirkan kenangan-kenangan bersamanya. Sibukkan diri pada pekerjaan, hal ini biasanya manjur untuk mengalihkan perhatian dari sakit hati setelah putus cinta.

Selain itu, jangan coba-coba menghubunginya lagi meski hanya sekadar menanyakan kabar. Menghubunginya, terlebih pada jam kerja, hanya akan membuat Anda memikirkan pembicaraan Anda dengan sang mantan ketimbang konsentrasi pada pekerjaan.

4 dari 6 halaman

Selanjutnya

6. Stop Memantau

Tak bisa dipungkiri, Anda pasti terkoneksi dengannya lewat semua sosial media. Sosial media hanya akan membuat Anda semakin memikirkannya. Ingin mengetahui apa yang sedang ia lakukan, berada di mana, dan segala yang berkaitan dengannya, Anda akan memanfaatkan sosial media untuk mengetahuinya.

Cobalah untuk sementara menghapus pertemanan Anda dengannya atau bahkan memblokirnya sementara waktu. Hal ini akan membuat Anda fokus dengan pekerjaan karena Anda tak perlu lagi melihat aktifitasnya di sosial media. 

5 dari 6 halaman

Selanjutnya

7. Tutup Mulut

Tak perlu curhat sana-sini dengan rekan kerja kalau Anda baru saja putus dari pasangan Anda. Hindari percakapan yang hanya akan membuat emosi Anda terpancing. Jika ada yang bertanya, cukup jawab dengan singkat. Jika rekan kerja merupakan sahabat, carilah tempat yang lebih pribadi. Jangan sampai Anda dianggap tidak profesional karena menggabungkan kepentingan pribadi dan profesional.

8. Jangan Membuat Keputusan Penting

Anda masih berada dalam kondisi yang emosional. Sebisa mungkin, hindari membuat keputusan penting yang memengaruhi hidup. Tunggu beberapa hari setelah emosi mereda dan Anda mampu berpikir jernih. Membuat keputusan dalam keadaan emosi hanya akan menimbulkan penyesalan di kemudian haru.

6 dari 6 halaman

Selanjutnya

9. Istirahat

Jangan memaksakan diri Anda. Mungkin Anda ingin mengalihkan rasa sakit setelah putus cinta dengan menyibukkan diri pada pekerjaan. Akan tetapi, tubuh juga berhak mendapatkan waktu untuk istirahat. Usahakan ambil istirahat singkat tiap Anda sudah mulai jenuh. Anda juga dapat mengobrol ringan dengan rekan kerja untuk meningkatkan mood. Namun sebisa mungkin jauhi topik percintaan. 

10. Bersenang-senang

Tak ada salahnya menyempatkan diri bersenang-senang sepulang dari kantor. Lakukan apa saja yang bisa membuat Anda lebih bersemangat. Menonton film di bioskop, minum kopi di kafe yang nyaman, lakukan apapun kegiatan yang biasanya jarang Anda lakukan. Terimalah fakta kalau hubungan Anda sudah berakhir dan hidup mesti terus berjalan. Anda sudah kehilangan kekasih, jangan sampai kehilangan pekerjaan pula. 

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini