Sukses

6 Percobaan Pembunuhan pada Bung Karno yang Gagal

Bung Karno, tidak terlepas dari percobaan pembunuhan yang mengancam nyawanya.

Citizen6, Jakarta Presiden Republik Indonesia pertama sekaligus proklamator, Bung Karno, tidak terlepas dari percobaan pembunuhan yang mengancam nyawanya. Namun takdir berkata lain, dari serangkaian percobaan pembunuhan tersebut, tak satupun yang berhasil.

Sejak 1950 sampai 1965 telah terjadi 6 kali percobaan pembunuhan terhadap Bung Karno. Berikut serupedia mengulasnya dalam 6 Percobaan Pembunuhan pada Bung Karno yang Gagal.

1. Penggranatan di Cikini

Terjadi pada  tanggal 30 Nopember 1957, di Cikini, dimana pada saat itu Bung Karno menghadiri peringatan ulang tahun Yayasan Perguruan Cikini. Guntur dan Megawati adalah murid SD Yayasan Perguruan Cikini. Bung Karno sempat meninjau berkeliling sekitar 25 menit, dan ketika pulang tiba-tiba terdengar ledakan hebat, yang belakangan adalah ledakan granat yang dilempar dari sekitar sekolah. Para pelakunya Juyuf Ismail, Saadon bin Mohammad, Tasrif bin Husein, dan Moh Tasin bin Abubakar berhasil dibekuk dan di hadapkan ke pengadilan militer. Mereka di jatuhi hukuman mati pada 28 April 1958.

Selengkapnya

Doni Nurdiansyah

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini