Sukses

Pria Ini `Lebih Kaya` Daripada Siapapun di Dunia

Meski tampak lusuh, pria ini sesungguhnya lebih kaya dari yang Anda bayangkan

Citizen6, Jakarta Sulitnya hidup tak jarang membuat orang melakukan hal-hal yang perbuatan tidak terpuji. Merampok, mencopet, korupsi, dan perbuatan buruk lainnya dilakukan untuk bertahan hidup. Tak hanya itu, bagi mereka yang malas bekerja, mengemis adalah pilihan mereka. Menadahkan tangan dari pagi hingga petang, nyatanya bisa memberi penghasilan yang melebihi cukup.

Dampak kapitalisme, langsung maupun tidak langsung, kita rasakan. Jurang kesenjangan antara si kaya dan si miskin semakin lebar. Uang menjadi penentu segala hal. Ingin urusan lancar? Butuh uang. Ingin urusan cepat selesai? Harus ada uang. Tak heran, semakin banyak orang yang menilai uanglah pembawa kebahagiaan. 

Benarkah demikian? Lalu di mana nilai-nilai kemanusiaan yang membedakan kita dari hewan? Percuma rasanya diberi uang banyak tapi orang-orang di dekat kita kelaparan. Kita hidup memang butuh uang, namun percayalah, tidak semua hal bisa dinilai dengan uang. Ketulusan hati, kebahagiaan, rasa nyaman, tak bisa dibeli oleh uang dengan jumlah berapapun.

Lelaki dalam video berikut ini buktinya. Lelaki tersebut hanyalah seorang penjual makanan pinggir jalan. Sudah tentu, penghasilan yang ia dapatkan sehari-hari tidak pasti. Mencukupi atau tidak, tergantung dari orang yang membeli dagangannya. Namun lihatlah, ketika seseorang membeli dagangannya melebihi harga yang ia jual, ternyata ia menolak. 

Awalnya ia memang memasukkan uang tersebut ke dalam kantongnya. Namun kemudian hati nuraninya menolak. Ia meninggalkan dagangannya dan mengejar sang pembeli untuk mengembalikan uang tersebut. Ia meminta haknya dari penjualan makanannya. Ia memilih mengembalikan uang yang ukurannya cukup besar untuknya. 

"Berikan uang tersebut untuk orang yang lebih membutuhkan. Saya hanya butuh hak saya."

Sikap pria tersebut membuat sang pembeli merasa kagum dengan jiwa besar si penjual. Ya, meski tampak tidak miskin, sesungguhnya ia lebih kaya dari siapa pun di dunia ini. 

Video tersebut telah ditonton ribuan orang di facebook dan dibagikan lebih dari 78.000 kali. Anda tak perlu takut. Di zaman yang semakin gila, masih banyak orang berhati emas.

 

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini