Sukses

Anak-anak Indonesia di Sydney Children’s Festival 2015

Salah satu kegiatan yang besar dan paling meriah serta ditunggu-tunggu masyarakat Sydney adalah Festval Anak-anak Sydney

Citizen6, Sydney Masyarakat Indonesia di Sydney aktif berpartisipasi dalam setiap kegiatan multikultur yang diadakan di New South Wales, Australia. Salah satu kegiatan yang besar dan paling meriah serta ditunggu-tunggu masyarakat Sydney adalah Festval Anak-anak Sydney.

Dalam kegiatan festival ini, anak-anak Indonesia yang tergabung dalam organisasi masyarakat “Kerabat Jawa” tampil membawakan tarian khas Jawa Barat dan Jawa Tengah, yang mendapat perhatian dari para pengunjung.

Keikutsertaan Indonesia di Sydney Children’s Festival 2015

Festival dimulai dengan pertunjukan kesenian yang disuguhkan oleh anak-anak komunitas Hongaria, Irlandia, Brasil, Indonesia, China, Vietnam, Jepang, Thailand. Tarian yang ditampilkan anak-anak komunitas multikultur ini mengundang kekaguman para pengunjung yang hadir yang diperkirakan melebihi 2000 orang di Fleet Park, Circular Quay, daerah wisata di pusat kota Sydney.

Keikutsertaan Indonesia di Sydney Children’s Festival 2015

Setelah pertunjukan kesenian, dilanjutkan dengan pawai mengelilingi Taman Fleet Park yang diikuti oleh peserta dari organisasi komunitas masyarakat multikultur Sydney dengan mengenakan pakaian khas tradisional mereka masing-masing serta demonstrasi tarian Barong Say. Pawai berakhir di panggung acara.

Keikutsertaan Indonesia di Sydney Children’s Festival 2015

Menteri Kebudayaan NSW Hon. Victor Dominello dalam sambutan pembukaannya menghargai organisasi-organisasi komunitas masyarakat multikultur yang telah berperan serta untuk menyemarakan Festival Anak-anak Sydney 2015. Festival ini menunjukkan dukungan masyarakat New South Wales yang berasal dari berbagai latar belakang budaya untuk hidup secara harmonis.

Organisasi masyarakat Indonesia yang tergabung dalam “Kerabat Jawa” telah terdaftar sebagai salah satu organsiasi masyarakat di Pemerintah New South Wales sejak tahun 2010, selalu aktif ikut serta memeriahkan festival anak-anak yang rutin diadakan setiap tahun di Sydney.

Partisipasi Kerabat Jawa ini telah turut mendukung program pemerintah New South Wales mendukung harmonisasi kehidupan masyarakat multikultur di negara bagian yang paling padat penduduk multikulturnya di Australia tersebut.

Untuk wilayah negara bagian New South Wales, berdasarkan data KJRI Sydney, terdapat sekitar 26.000 Warga Negara Indonesia, didalamnnya terdapat lebih dari 80 organisasi masyarakat Indonesia dari berbagai latar belakang kebangsaan Indonesia, etnis/suku, bisnis, keagamaan, olah raga dan organisasi kesenian masyarakat.

Penulis :

Nicolas Manoppo

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini