Sukses

Peduli Sejarah dan Budaya, Gabung Aja ke KHI

Berawal dari kepedulian akan sejarah dan budaya Indonesia

Citizen6, Jakarta Budaya Indonesia sebenarnya begitu kaya dan bernilai tinggi. Namun kebanyakan dari masyarakat masih belum menyadarinya. Beberapa malah lebih mengagumi budaya luar yang dianggap lebih ngetrend. Padahall budaya nusantara begitu banyak dan sangat memukau jika kita sudah mengenalnya. 

Karena peduli sejarah dan budaya Indonesia, Asep Kambali yang saat itu merupakan mahasiswa Jurusan Pendidikan Sejarah mendirikan Komunitas Historia Indonesia (KHI) pada 22 Maret 2003. Komunitas ini bergerak dalam bidang sejarah, kebudayaan, pendidikan dan pariwisata.

KHI awalnya merupakan wadah bagi kaum muda peduli sejarah dan budaya Indonesia. Berjalannya waktu komunitas ini berhasil menarik simpati beberapa lembaga dan perusahaan seperti Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Bagi KHI, sejarah dan budaya bukan hanya sekedar subjek pelajaran di sekolah. Berangkat dari hal tersebutlah timbul cita-cita untuk membuat sejarah dapat dinikmati dengan mudah dan menyenangkan. Jauh daripada itu, KHI akan terus berkontribusi menumbuhkan nasionalisme dan patriotisme generasi muda Indonesia.

Perjuangan KHI untuk mencapai cita-citanya akan memasuki tahun ke-12. Untuk itu, tanggal 22 Maret akan diadakan acara KHI 12th Anniversary di Museum Bank Mandiri. Agenda dari acara syukuran 12 tahun komunitas ini yaitu #HistoryTalks bertema “Making History with Fun Way”, Launching beberapa program KHI, #HeritageTrails: Wisata Malam Kota Tua, Detik-detik perayaan HUT KHI, Kompetisi menulis artikel #MyKHIJourney, dan Hiburan serta Ramah Tamah.

Jika berminat untuk bergabung dengan acara lainnya, bisa ditunggu kegiatan-kegiatan selanjutnya dari KHI, seperti:
a. Wisata Festival Perahu Naga pada perayaan Peh Cun.
b. Melanglang Bandung.
c. #HeritageTrails, jalan-jalan ke tempat wisata bersejarah baik pada siang maupun malam hari.
d. The Museum Week.
e. Global Youth History Camp, camp sejarah pertama yang akan diikuti oleh pemuda di seluruh dunia yang memiliki kepedulian terhadap sejarah dan budaya.
 

Penulis:

Nabilah Rahmagitha

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.