Sukses

8 Bangunan Ini Dipercaya Dibangun Makhluk Halus

Berbagai tempat yang sarat dengan unsur misterius tersebar di seluruh dunia.

Citizen6, Jakarta Berbagai tempat yang sarat dengan unsur misterius tersebar di seluruh dunia. Masing-masing tentu memiliki kisah misteri tersendiri. Salah satunya adalah mitos tentang sejarahnya yang dibangun atau terbentuk oleh keberadaan makhluk halus. Mungkin kah makhluk halus membangun bangunan di dunia ini secara nyata. Seperti apakah tempat yang konon dibangun oleh makhluk halus tersebut?

1. Jembatan Iblis (Devils Bridge) di Ceredigion Inggris

Diawali oleh sebuah kisah misteri yang menyelimuti sebuah jembatan di kawasan Ceredigion, Inggris. Konon jembatan yang terkenal dengan Devils Bridge ini dibangun oleh iblis. Jembatan ini terdiri dari tiga jembatan yang membentang diatas sungai Mina. Anehnya ketiga jembatan ini saling bertumpuk satu sama lain. Jembatan paling bawah merupakan jembatan paling awal dibangun sekitar tahun 1075 hingga 1200.

Penduduk setempat yakin bahwa jembatan bagian inilah yang konon dibangun oleh iblis. Memang letak jembatan berada di jurang yang sangat curam sehingga sangat mustahil manusia bisa membangunnya. Oleh karena itu, manusia menerima tawaran iblis untuk membangun jembatan. Konon dalam satu malam, jembatan tersebut telah berdiri tegak. Dikisahkan bahwa Iblis meminta tumbal untuk diambil nyawanya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 8 halaman

2

2. Masjid Nando di Mali, Afrika Barat

Selanjutnya adalah Masjid Nando yang terletak di kampung Nando, Mali, Afrika Barat. Bangunan Masjid Nando termasuk unik, karena tidak ada marmer atau kubah sebagaimana masjid-masjid lainnya yang terbangun secara umum. Seluruh bangunannya hanya dilapisi lumpur termasuk lantai di dalam masjid. Menurut mitos masyarakat setempat, Masjid Nando tidak dibangun oleh manusia. Tetapi oleh makhluk halus yang berbadan besar. Keyakinan ini diperkuat dengan ditemukannya tapak kaki besar pada salah satu sisi masjid.

3 dari 8 halaman

3

3. Jembatan Adam di India

Jembatan ini merupakan salah satu misterius di dunia. Jembatan ini merupakan rangkaian batu kapur buatan yang terletak di dekat pulau Manar di dekat Sri Lanka dan Rameswaram di pantai Tenggara India. Masyarakat setempat percaya bahwa jembatan ini dibangun oleh Rama dengan jutaan pasukan kera untuk menyelamatkan Sinta yang diculik oleh Rahwana. Jembatan kuno misterius sepanjang 30 km ini diperkirakan sudah berumur satu juta tahun lebih.

4 dari 8 halaman

4

4. Reruntuhan di Syiria

Reruntuhan kuno misterius di temukan si Syiria. Bebatuan aneh ini diperkirakan jauh lebih tua dari Piramida Mesir. Batuan kuno ini diperkirakan memiliki usia lebih dari 10 ribu tahun. Ilmua kesulitan meneliti bangunan aneh yang ditemukan pada 2009 ini. Para peneliti pun kesulitan untuk menyiikap misteri bangunan ini. Berdasarkan keterangan penduduk setempat, bangunan misterius ini konon didirikan oleh makhluk gaib. Lokasi penemuan batuan ini sangat terpencil dan tidak ditemukan tanda-tanda pemukiman di sekitarnya.

5 dari 8 halaman

5

5. Jembatan Lempengan Batu di Sungai Barley

17 Lempangan batu berjejer membentang menjadi sebuah jembatan yang melintasi sungai Barley di Somerset Inggris. Jembatan batu sepanjang 54 meter ini telah telah berusia lebih dari 3000 tahun. Konon lempengan batu ini dibangun oleh Iblis untuk berjemur. Legenda juga menyebutkan bahwa iblis tersebut akan membunuh siapapun yang melewati jembatan. Bahkan seekor kucing yang melewati jembatan tersebut lenyap begitu saja. Penduduk yang ketakutan pun memanggil pendeta untuk memanggil sang iblis. Pendeta tersebut akhirnya bertemu dengan sang iblis. sang Iblis pun mengijinkan manusia lewat kecuali saat Ia ingin berjemur.

6 dari 8 halaman

6

6. Danau Lonar di Bombai India

Masyarakat India percaya bahwa danau ini berhubungan dengan sosok iblis bernama Labanasur. Pada masa lalu Labanasur dianggap telah menyebabkan masalah di bumi. Itulah mengapa dewa wisnu membunuh Labanasur. Sang Iblis pun terhempas ke bumi dan mati. Sebuah lubang besar terbentuk dari jatuhnya Labanasur. Lubang ini akhirnya terisi air dan membentuk sebuah danau.
Labana Sur sendiri memiliki arti garap. Danau yang memiliki air asin ini kemudian dikenal dengan nama Danau Lonar.

7 dari 8 halaman

7

7. Yonaguni

Selanjutnya Yonaguni yang ditemukai di Jepang yang ditemukan pada tahun 1997. Bangunan yang diperkirakan berusia 5000 hingga 8000 tahun ini berbentuk puing batuan seperti sebuah candi. Hingga kini bangunan yang berada di lepas Pantai Yonaguni, kepulauan Ryukyu Jepang banyak menimbulkan perdebatan. Banyak ahli yang mengatakan bahwa bangunan ini seperti formasi batu yang terbentuk melalui proses alam. Bahkan muncul anggapan dari masyarakat bahwa reruntuhan ini dahulu di bangun oleh makhluk bawah laut.

Kini Yonaguni menjadi daya tarik pariwisata yang cukup populer bagi para penyelam. Namun wisatawan yang ingin melihat bangunan misteri ini harus pandai menyelam, karena reruntuhan terletak di perairan terbuka dengan gelombang tinggi dan arus yang kuat.

8 dari 8 halaman

8

8. Candi Prambanan, Jawa Tengah Indonesia

Candi Prambanan merupakan salah satu bangunan di Indonesia yang dipercaya masyarakat dibangun oleh makhluk halus. Berdasarkan legenda yang beredar di masyarakat, Candi Prambanan dibangun sebagai persyaratan Bandowoso untuk melamar Roro Jonggrang. Ia diminta untuk membuat telaga dan seribu buah candi tetapi dalam waktu satu malam. Bandung Bondowoso menyanggupi, namun ternyata Ia tidak mengerjakan semua pekerjaan itu sendirian, namun ia mempekerjakan ribuan jin.

Pengirim:

Wiwik Setiawati

Web: www.nfoyunik.blogspot.com

 **Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini