Sukses

10 Kuil Hindu Paling Indah di Muka Bumi

Kuil-kuil ini disebut-sebut sebagai kuil-kuil Hindu paling indah. Kuil apa saja?

Citizen6, Jakarta Nyepi merupakan salah satu hari raya besar umat Hindu. Di Indonesia, sebelum hari raya Nyepi biasanya umat Hindu berkunjung ke pura, candi, maupun kuil untuk bersyukur atas setahun belakang yang telah lewat. Saat ini, tak hanya di Indonesia, arsitektur pura maupun kuil Hindu telah berkembang sedemikian rupa mengikuti berbagai macam gaya. Nah, ada beberapa tempat ibadah umat Hindu tersebut yang disebut-sebut mempunyai keindahan yang mengagumkan. Apa saja?

1. Angkor Wat

Angkor Wat yang dalam bahasa Indonesia berarti “Kota Kuil”, adalah sebuah kompleks kuil yang luas di Kamboja yang menampilkan sisa-sisa kemegahan ibukota dari kerajaan Khmer, dari abad 9 hingga abad ke-15 Masehi.

Di dalam kompleks ini terdapat Kuil Angkor Wat yang terkenal, monumen tunggal keagamaan terbesar di dunia, dan kuil Bayon di Angkor Thom dengan banyaknya permukaan batu besar. Selama sejarahnya yang panjang, Angkor mengalami beberapa kali perubahan untuk mengonversi agama Hindu menjadi Buddhisme.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 10 halaman

Selanjutnya

2. Tanah Lot

Pura yang satu ini terletak di atas sebuah batu karang besar. Tanah Lot merupakan salah satu pura Hindu paling terkenal di Bali. Pura ini juga menjadi salah satu tempat yang wajib dikunjungi bagi wisatawan yang berkunjung ke Bali. Pura Tanah Lot telah menjadi bagian dari mitologi selama berabad-abad. Pura Tanah Lot juga menjaedi salah satu dari tujuh pura/kuil laut yang membentuk rantai sepanjang pantai barat Bali.

3 dari 10 halaman

Selanjutnya

3. Khajuraho

Merupakan salah satu desa yang banyak terdapat kuil Hindu dan Jain dengan patung erotis. Desa ini sudah lama menjadi tujuan wisata paling populer di India. Kuil-kuil ini dibangun selama rentang waktu 200 tahun, yakni sejak tahun 950 hingga tahun 1150. Beberapa kuil didedikasikan untuk Dewa Jain dan sisanya untuk Dewa Hindu, yaitu Brahma, Wisnu dan Syiwa.

4 dari 10 halaman

Selanjutnya

4. Kuil Brihadeeswarar

Kuil ini terletak di Thanjavur, India, dan dibangun oleh Raja Chola, yakni Rajaraja I pada abad ke-11. Kuil ini merupakan kuil pertama di dunia yang keseluruhannya dibangun dari batu granit. Brihadishwara adalah contoh brilian dari gaya arsitektur kuil Dravida. Menara kuil ini memiliki tinggi 66 meter sehingga menjadi salah satu kuil tertinggi di dunia.

5 dari 10 halaman

Selanjutnya

5. Candi Prambanan

Candi Prambanan adalah kompleks Candi Hindu terbesar dan paling indah di Indonesia. Terletak sekitar 18 km sebelah timur Yogyakarta. Candi Prambanan memiliki tiga candi utama yang didedikasikan untuk Dewa Wisnu, Brahma, dan Syiwa dan dibangun sekitar tahun 850 oleh Kerajaan Mataram Kuno.

6 dari 10 halaman

Selanjutnya

6. Banteay Srei

Meski secara resmi merupakan bagian dari kompleks Angkor Wat, Banteay Srei justru terletak 25 km di timur laut dari kelompok utama kuil Angkor Wat. Kuil Hindu ini selesai pada tahun 967 dan dibangun sebagian besar dari batu pasir merah, media yang cocok untuk ukiran dinding dekoratif rumit yang masih jelas terlihat saat ini. Banteay Srei adalah satu-satunya kuil utama di Angkor yang tidak dibangun untuk raja, melainkan dibangun oleh salah satu penasihat raja RaJendravarman, yaitu Yajnyavahara.

7 dari 10 halaman

Selanjutnya

7. Kuil Kanchipuram

Kuil ini dikenal sebagai kuil kuno Hindu dan terkenal akan sari sutranya. Letaknya di India Selatan. Kanchipuram sendiri dapat berarti 'Kota 1000 Kuil'. Kota ini berisi beberapa kuil besar seperti Kuil Varadharaja Perumal untuk Dewa Wisnu dan Kuil Ekambaranatha yang merupakan salah satu dari lima bentuk tempat tinggal Dewa Syiwa.

8 dari 10 halaman

Selanjutnya

8. Kuil Virupaksha

Kuil Virupaksha di kota Hampi di India dimulai sebagai sebuah kuil kecil dan tumbuh menjadi sebuah kompleks besar di bawah penguasa Wijayanagara. Diyakini bahwa kuil ini telah berfungsi tanpa terputus sejak kuil kecil yang dibangun pada abad ke-7 yang membuatnya menjadi salah satu kuil Hindu tertua yang masih berfungsi di India. Menara pintu masuk candi terbesar memiliki tinggi 50 meter.

9 dari 10 halaman

Selanjutnya

9. Sri Ranganathaswamy

Didedikasikan untuk Dewa Ranganatha (salah satu bentuk Dewa Wisnu), Sri Ranganathaswamy di Srirangam, India adalah sebuah kuil penting yang menerima jutaan pengunjung dan peziarah setiap tahun. Dengan luas 156 hektar, Sri Ranganathaswamy adalah salah satu kompleks keagamaan terbesar di dunia.

10 dari 10 halaman

Selanjutnya

10. Kuil Meenakshi Amman

Kuil Meenakshi Amman merupakan salah satu kuil Hindu yang paling penting di India dan terletak di kota suci Madurai. Kuil ini didedikasikan untuk Sundareswar (bentuk Dewa Syiwa) dan Meenakshi (bentuk Dewi Parwati). Di kompleks ini terdapat 14 menara megah termasuk dua Gopuram emas untuk Dewa utama, yang dipahat dan dicat dengan rumit. Kuil ini adalah simbol yang signifikan bagi rakyat Tamil, dan dibangun pada awal abad ke 17.

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.