Sukses

6 Kota Bertembok di Dunia yang Menakjubkan

Citizen6, Jakarta Beberapa kota di dunia didesain dengan tembok yang mengelilingi kota tersebut. Tembok yang dibangun tentunya bukan tanpa tujuan, melainkan untuk melindungi diri dari penyerangan musuh. Lalu, kota-kota apa sajakah yang menjadi kota bertembok menakjubkan tersebut?

1. Avila, Spanyol

Kota yang satu ini terletak 1.117 meter di atas permukaan laut dan merupakan ibukota provinsi tertinggi di Spanyol. Avila dibangun di atas puncak bukit yang berbatu, di tengah padang gurun yang kering dan banyak batu besar. Pada abad pertengahan, Avila amat terkenal sebagai kota bertembok.

Tembok tersebut terbuat dari granit cokelat. Kota Avila dibangun di antara abad ke-12 sampai ke-14 dan memiliki penampilan sebuah benteng dengan dinding-dinding padat dan dua menara. Di dalam kota ini terdapat banyak patung dan lukisan, terutama karya Juan de Arfe.

1 dari 6 halaman

Selanjutnya

2. Tallinn, Estonia

Kota yang satu ini merupakan ibukota Estonia dengan penduduk sekitar 430.000 jiwa. Pusat kota Tallinn sejak tahun 1997 dilindungi oleh UNESCO karena nilai sejarahnya. Tallinn terletak di pantai selatan Teluk Finlandia, tak jauh dari Estonia. Titik tertinggi di Tallinn yakni 64 meter di atas permukaan laut.

Tallinn memiliki tiga semenanjung, yakni semenanjung Kopli, semenanjung Palkassaare, dan semenanjung Kakumae. Kota Tallinn dulunya merupakan salah satu pemukiman berbenteng terbaik di Eropa dengan 66 menara tembok. Akan tetapi kini hanya tinggal 20 menara yang tetap berdiri tegak. 

2 dari 6 halaman

Selanjutnya

3. Pingyao, Cina

Kota Pingyao (平遥, pinyin: Píngyáo) adalah sebuah kota setingkat kecamatan (县 xiàn) di Cina di tengah provinsi Shanxi, tepatnya 715 km dari Beijing. Kota ini pernah menjadi pusat finansal Cina pada masa Dinasti Qing. Kini kota ini menjadi Situs Warisan Dunia versi UNESCO. Pingyao merupakan salah satu dari sedikit kota-kota di Cina yang tetap mempertahankan tata letak asli, tembok kota yang tingginya 12 meter, serta menara raksasa tempat berjaga-jaga dari serangan musuh.

3 dari 6 halaman

Selanjutnya

4. Carcassonne, Prancis

Merupakan salah satu kota yang terletak di selatan Prancis, tepatnya di Languedoc-Roussillon. Pada tahun 2006, kota ini memiliki jumlah penduduk sebanyak 46.216 jiwa. Pada tahun 1996, beberapa bangunan kuno di kota ini ditetapkan sebagai Situs Warisan Dunia versi UNESCO. Tiap tahun, kota ini dikunjungi paling tidak tiga juta orang yang ingin melihat Prancis abad Pertengahan. Benteng di kota ini telah ada sejak zaman pra-Romawi.

4 dari 6 halaman

Selanjutnya

5. Noovgorod Kremlin, Rusia

Kota Novrogod merupakan salah satu pemukiman tertua di Rusia. Kota ini dikelilingi dinding kemerahan untuk melindungi salah satu paling bangunan paling berharga di Rusia, Katedral Saint Sophia. Kota ini berhasil mempertahankan arsitektur abad pertengahannya meski sempat diserang. 

5 dari 6 halaman

Selanjutnya

6. Great Wall, Cina

Tembok Raksasa Cina atau Tembok Besar Cina (Hanzi tradisional: 長城; Hanzi sederhana: 长城; pinyin: Chángchéng), juga dikenal di Cina dengan nama Tembok Raksasa Sepanjang 10.000 Li¹ (萬里長城; 万里长城; Wànlĭ Chángchéng) merupakan bangunan terpanjang yang pernah dibuat oleh manusia. Terletak di Cina, tembok ini memiliki panjang hingga 6.400 km dan tinggi 8 meter untuk melindungi Cina dari serangan bangsa Mongolia.

Untuk membuat tembok raksasa ini, dibutuhkan waktu ratusan tahun. Bagian dalam tembok berisi tanah yang dicampur bata dan batu-batuan. Bagian atasnya dibuat jalan utama untuk pasukan berkuda. Tembok Raksasa kini termasuk dalam salah satu dari Tujuh Keajaiban Dunia dan Situs Warisan Dunia versi UNESCO. 

 **Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

Artikel Selanjutnya
Mahasiswa UNY Sukses Ciptakan Alat Penanam Jagung Canggih
Artikel Selanjutnya
Dianggap Titisan Iblis, Bayi Domba Lahir Menyerupai Manusia