Sukses

7 Gunung yang Disucikan di Muka Bumi

Gunung-gunung ini begitu disucikan bagi beberapa kepercayaa dan budaya. Gunung apa saja?

Citizen6, Jakarta Beberapa gunung disucikan bagi beberapa agama maupun dalam berbagai kebudayaan. Kepercayaan penduduk setempat, membuat gunung-gunung berikut begitu keramat. Gunung apa saja yang disucikan tersebut?

1. Gunung Fuji, Jepang

Gunung yang puncaknya diselimuti dengan es ini sangat disakralkan oleh umat Budha dan Shinto di dataran Jepang. Bulan-bulan paling ramai untuk pendakian yakni bulan Juli dan Agustus. Pada musim pendakian tersebut, lebih dari 200.000 orang mendaki gunung setinggi 3.776 meter tersebut. Gunung Fuji masih termasuk gunung aktif dan dipercaya menjadi istana bagi Dewa Api dalam agama Shinto dan Danichi Nyorai, Dewa Matahari dalam agama Budha.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Selanjutnya

2. Gunung Agung, Bali

Orang Bali percaya bahwa gunung berapi ini merupakan pusat dari jagat raya. Dengan tinggi 3.142 metr, Gunung Bali tampak kokoh di bagian timur Bali. Pura terbesar, Pura Besakih berada di lereng Gunung Agung dengan ketinggian 915 meter.

3 dari 6 halaman

Selanjutnya

3. Gunung Olimpus, Yunani

Gunung ini menjadi tempat tinggal para dewa Yunani Kuno dengan Zeus yang memegang puncak tertinggi. Tingginya mencapai 2.919 meter. Di gunung ini tumbuh lebih dari 1700 spesies flora yang berbeda.

4 dari 6 halaman

Selanjutnya

4. Gunung Nebo, Yordania

Berdasarkan banyak kisah dalam agama Yahudi, gunung ini merupakan tempat nabi Musa menemukan tanah yang dijanjikan Tuhan. Saat hari sedang cerah, dari gunung ini dapat terlihat Laut Mati, Bethlehem, Yerusalem, Sungai Yordania, Jericho, dan Gunung Olive.

5 dari 6 halaman

Selanjutnya

5. Gunung Kailash, Cina

Tepatnya gunung ini terletak di perbatasan Tibet. Ribuan penganut Budha, Hindu, Jain, dan Banpo melakukan perjalan suci ke kota terpencil di kawasan Himalaya, Darchen tiap tahunnya. Mereka melakukannya untuk melakukan ritual mengelilingi gunung. Menginjakkan kaki di gunung ini merupakan tindakan yang melanggar kesucian, namun dengan melakukan kora sepanjang perjalanan (51 km), dipercaya dapat menghapus dosa selama hidup.

6 dari 6 halaman

Selanjutnya

6. Gunung Everest, Nepal

Orang Tibet biasa menyebut gunung ini sebagai sumber dari jagat raya, sedangkan orang Nepal menyebutnya Dewi Langit. Gunung yang mencapai tinggi 8.848 meter ini merupakan gunung engan puncak tertinggi di bumi. Puncaknya senantiasa tertutup salju abadi.

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.