Sukses

Mistisnya Benteng Speelwijk di Serang

Beranikah Anda menantang adrenalin mengunjungi tempat ini?

Citizen6, Jakarta Pernah dibangun sebuah benteng dengan tembok setinggi tiga meter sebagai benteng pertahanan Belanda di pantai utara Provinsi Banten. Benteng tersebut terletak di Kampung Pamarican, sekitar enam ratus meter dari kompleks Keraton Surosowan, Serang. Benteng Speelwijk yang dibangun pada tahun 1683 ini sekaligus menandai era kejatuhan Kesultanan Banten.

Dikisahkan sekitar tahun 1680 terjadi perebutan kekuasaan antara raja yang bertahta tahun 1651 – 1682, Sultan Ageng Tirtayasa dengan putranya yang bernama Sultan Abu Nashar Abdul Qahar ( Sultan Haji ). Perselisihan tersebut dimanfaatkan oleh VOC yang membantu Sultan Haji duduk sebagai pemimpin Kesultanan Banten mulai dari tahun 1683 hingga 1687. Sebagai bentuk pengawasan Hindia Belanda terhadap laju perekonomian dan politik Kesultanan Banten, dibangunlah sebuah benteng di sebelah barat laut Keraton Surosowan.

Selengkapnya

Pengirim:

Halim Santoso

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini