Sukses

7 Bahan Makanan Ini Dapat Memperpanjang Umur Anda

Citizen6, Jakarta Siapa yang tidak ingin mempunyai tubuh yang sehat dan umur yang panjang? Semua orang sudah tentu menginginkannya, tak terkecuali Anda. Akan tetapi, hidup sebagai manusia modern membuat kita rentan akan berbagai serangan penyakit dari luar. Polusi, makanan tidak sehat, pola hidup yang buruk, sampai ke kurangnya olahraga membuat manusia modern begitu mudah terserang penyakit.

Sebenarnya untuk memiliki umur yang panjang tidak terlalu sulit. Biasakan untuk hidup sehat dan mengonsumsi makanan-makanan yang dapat membuat umur panjang. Makanan-makanan seperti ini contohnya.

1. Gandum

Tanaman yang satu ini mempunyai kandungan kalsium yang tinggi. Selain itu, gandum juga mempunyai serat alami yang baik bagi Anda yang ingin sedang berdiet. Jika anda ingin menikmati hidup yang lama dengan tubuh yang sehat, cobalah untuk beralih ke gandum.

Gandum dapat melindungi gigi Anda agar tidak mudah rapuh dan keroposnya tulang. Selain itu, gandum juga merupakan bahan makanan yang rendah kolestrol dan dapat mengurangi tekanan darah serta memerangi kanker usus besar.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Selanjutnya

2. Minyak Ikan

Sebagaimana yang diketahui selama ini, beberapa jenis ikan seperti salmon, mackerel, dan ikan haring terkenal sebagai penghasil  minyak esensial omega-3 yang sangat baik bagi tubuh. Mengonsumsi ikan jenis ini dapat menurunkan kadar kolestrol dalam darah dan juga melindungi Anda agar tidak terjadi stroke serta pembekuan darah di otak.

3. Brokoli

Menurut para ahli, brokoli sesungguhnya mempunyai kandungan vitamin C yang lebih banyak dibanding jeruk, mengandung lebih banyak kalsium dari pada segelas susu, bahkan mengandung serat alami yang lebih banyak dibanding setangkup roti gandum.

Brokoli juga mempunya kandungan antioksidan yang tinggi. Hal ini dikarenakan brokoli mengandung banyak zat anti karsinogen yang dapat merangsang tubuh untuk melawan zat-zat penyebab kanker. Bukan hanya itu, brokoli juga dapat mencegah terjadinya katarak, penyakit jantung, radang sendi, bisul, juga berbagai virus.

3 dari 4 halaman

Selanjutnya

4. Cranberries

Buah yang satu ini masih termasuk kandungan keluarga berry-berryan. Cranberries mengandung banyak vitamin C, antioksidan, serta zat kimia pemberantas bakteri. Manfaat lainnya, buah ini dapat membantu melindungi terjadinya infeksi saluran kemih, kanker, dan juga masuknya bakteri berbahaya ke organ-organ tubuh.

5. Lemon

Buah yang satu ini masih berkerabat dekat dengan buah jeruk. Lemon mengandung banyak vitamin C. Selain bermanfaat untuk menjaga kecantikan wajah, jus lemon juga mengandung sifat sebagai antibakteri yang sangat baik untuk memerangi infeksi di mulut seperti sariawan dan sakit tenggorokan.

4 dari 4 halaman

Selanjutnya

6. Bawang

Bawang juga ternyata merupakan makanan yang kaya akan vitamin C, zat antioksidan, dan sulfur. Meski bawang membuat nafas kurang sedap, sebenarnya bawang dapat melindungi Anda dari berbagai penyakit pernafasan seperti asma dan radang saluran pernafasan. Bawang juga mampu menaikkan kadar HDL atau kolestrol baik dalam darah dan melindungi Anda dari ancaman kanker.

7. Chamomile

Jenis tumbuhan yang satu ini biasanya diolah sebagai teh seduhan. Chamomile dapat dimanfaatkan untuk mengendurkan urat syaraf serta mengurangi stres dan tekanan. Semakin rendah tingkat stres, semakin rendah pula kemungkinan terserang berbagai penyakit terkait stres. Selain itu, chamomile juga membantu detoksifikasi tubuh dengan cara membuang zat-zat tidak berguna melalui ginjal.

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini