Sukses

Penggemar Zombie, Komunitas IZoC Menantimu di Sini

Bisakah Anda menebak makhluk yang tidak usil, tidak kepo urusan orang lain, dan tidak mati jika ditembak atau ditusuk?

Citizen6, Jakarta Bisakah Anda menebak makhluk yang tidak usil, tidak kepo urusan orang lain, dan tidak mati jika ditembak atau ditusuk? Hmm, mungkin berbagai jawaban terlintas dipikiran  Anda. Jika Anda menjawab zombie, maka jawaban Anda sesuai dengan penggambaran zombie oleh Eric Kairupan, juru bicara di Komunitas Indonesia Zombie Club (IZoC).

Eric menjadi penggemar dari zombie sejak menonton film "Dawn of The Dead" karya George A. Romero. Tidak sekedar terhenyak dengan aksi zombie di film, Eric melihat zombie sebagai makhluk yang mewakili sisi gelap manusia. Sehingga banyak sifat-sifat manusia yang tidak baik ada dalam zombie seperti rakus, serakah, pembosan, pemarah, egois, dan tidak memiliki nurani.

Namun hal tersebut tidak menghentikan Eric untuk menyukai zombie. “Walau zombie itu mencerminkan sesuatu yang tidak baik dan menyeramkan, namun zombie juga ada sifat positifnya, seperti tidak pernah putus asa dan sabar.

Maksudnya tidak pernah putus asa dan sabar didalam mengejar korbannya,” canda Zargot, sapaan akrab Eric.

Di Indonesia, tidak hanya Eric yang terpukau dengan zombie. Melalui Indonesia Zombie Club (IZoC) yang mewadahi komunitas zombie yang ada di Indonesia membuat pecinta Zombie bisa berkumpul dan berbagi informasi.

Saat ini komunitas zombie yang berafiliasi dengan IZoC, yaitu:
1. Komunitas Penggemar Film Zombie (Kompi Zombie), komunitas bagi penggemar film zombie, dan kegiatannya adalah review film secara online dan bilamana ada acara nonton bareng maka biasanya dari Kompi Zombie jalurnya.
2. The Walking Dead Fanatic Indonesia, sesuai dengan namanya maka pembahasan utamanya adalah mengenai serial The Walking Dead.

Serta ada juga beberapa komunitas zombie daerah yang disebut sebagai IZoC Regional atau IZoC Sub-Regional. Kegiatan IZoC sendiri cukup banyak, mulai mengadakan acara kumpul-kumpul antara sesama member hingga diundang ke berbagai event.

Kegiatan IZoC yang berkesan bagi Eric, selaku juru bicara komunitas, yaitu Zombie Walk Kedua di 27 Januari 2013 yang menjadi The Biggest Zombie Walk Event in Asia. Lalu flashmob zombie terbesar di Indonesia bersama dengan salah satu stasiun televisi swasta di tahun 2014. Serta rangkaian kampanye The Walking Dead bersama dengan Fox Channels Indonesia sejak tahun 2012 hingga sekarang.

Setiap komunitas pasti memiliki tujuan bersama yang ingin diraih, Eric mengakui hampir semua keinginan IZoC sudah terealisasi. Tapi ada keinginan yang masih diidamkan yaitu terlibat dalam pembuatan film zombie Indonesia yang berkualitas “Tetapi keinginan ini juga bisa dikatakan sudah ada jalannya, dan semoga bisa segera terwujud dalam waktu dekat ini,” ungkap Eric saat dihubungi via email.

IZoC yang merupakan komunitas kreatif berorientasi positif sejak tahun 2012 telah dijadikan bagian dari industri kreatif pemprov DKI Jakarta. “Maka dengan bergabung dengan komunitas kami, selain menambah pertemanan juga bisa mengembangkan karya atau kreatifitas yang berkaitan dengan dunia per-zombie-an,” tutup Eric.

Penulis:

Nabilah Rahmagitha

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini