Sukses

Untuk Kurangi Polusi, China Bikin TPA Mobil Bekas

Masalah barang bekas apapun itu bentuknya seolah tidak akan berujung.

Citizen6, Jakarta Masalah barang bekas apapun itu bentuknya seolah tidak akan berujung. Setiap muncul produk baru, kebanyakan orang pasti meninggalkan barang lamanya, entah hanya menjadi barang bekas atau dijual kembali.

Sama halnya dengan nasib ribuan mobil bekas atau mobil keluaran lama yang tertumpuk di penampungan Hangzhou, Zhejiang, Cina. Saking banyaknya warga yang membuang mobilnya di lokasi ini maka mobil-mobil bekas tersebut pun membentuk sebuah gunung. Jika kita lihat dari bagian atas, tumpukan kendaraan roda empat itu terlihat seperti kumpulan miniatur mobil mainan. 

Dalam upaya mengurangi polusi udara yang semakin parah di negeri tirai bambu, pemerintah Hangzhou pun membuat kebijakan kepada warganya untuk mengganti mobil lamanya dengan mobil keluaran baru. Maka dari itu, mereka menyediakan tempat untuk menampung mobil-mobil bekas yang tersebar di pinggir kota. Namun, pemerintah pun perlu mengalokasikan lebih banyak lahan untuk memecahkan masalah ini, dilansir shanghaiist.com pada Rabu (1/4/2015).

Asosiasi daur ulang nasional Cina (CRRA) menyatakan bahwa sekitar 6 juta mobil 'kuning' sudah dihapus pada 2014 silam dan sekitar 400 ribu kendaraan direncanakan akan dihapus pada akhir 2016 mendatang. 

Bagaimana menurut Anda, apakah ide pemerintah Hangzhou menjadi solusi yang ampuh untuk mengurangi polusi udara dikotanya?

(ul)

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini