Sukses

15 Bahan Makanan Alami Ini Dapat Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Anda bermasalah dengan rendahnya sistem kekebalan tubuh? Tak perlu bingung, cukup konsumsi 15 bahan makanan ini untuk meningkatkan kekebalan

Citizen6, Jakarta Cuaca yang berubah-ubah membuat Anda rentan terhadap penyakit. Daya tahan tubuh Anda sudah semestinya ditingkatkan agar tak gampang sakit. Selain beristirahat dan berolahraga, mengonsumsi makanan tertentu terbukti dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda. Seperti 15 bahan makanan alami berikut. 

1. Kubis

Kubis atau yang biasa disebut lobak merupakan salah satu sumber glutathione yang bermanfaat memperkuat sistem kekebalan tubuh. Kubis harganya cukup murah. Tambahkan berbagai macam jenis kubis dalam sup Anda, baik yang merah, putih, maupun kubis Cina. Niscaya antioksidan Anda akan bertambah.

2. Bawang Putih

Bawang putih mengandung antioksidan yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh untuk melawan bakteri penyebab bisul dan sakit perut. Biasakan membiarkan bawang putih selama 15 hingga 20 menit sebelum dimasak untuk mengaktifkan enzim yang berfungsi meningkatkan kekebalan tubuh.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

Selanjutnya

3. Bayam

Makanan yang terkenal sebagai kesukaan Popeye ini kaya akan nutrisi. Bayam mengandung folat yang membantu tubuh memproduksi sel baru dan memperbaiki DNA. Selain itu, bayam juga mengandung serat, antioksidan, vitamin C, dan banyak zat bermanfaat lainnya. Nutrisi bayam paling banyak didapat saat bayam dimakan mentah maupun dimasak sebentar.

4. Teh

Anda suka teh hijau atau teh hitam? Tidak perlu ragu karena keduanya sama-sama mengandung polifenol dan flavonoid yang dapat melawan penyakit. Antioksidan yang terkandung dalam kedua jenis teh itu dapat menghancurkan radikal bebas.

5. Semangka

Selain bermanfaat untuk mencegah dehidrasi, semangka yang matang mengandung banyak antioksidan glutathione yang dikenal membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh. Glutathione tersebut dapat ditemukan dalam daging buah semanga yang berwarna merah.

3 dari 7 halaman

Selanjutnya

6. Tiram

Makanan yang satu ini mengandung banyak mineral seng (zinc). Penelitian menunjukkan, asupen seng yang tinggi berkaitan erat dengan kesuburan. Kandungan zinc tersebut juga memiliki efek antivirus. Perannya tampak dalam penyembuhan luka.

7. Yoghurt

Secangkir yoghurt setiap hari dapat menghindari tubuh Anda dari kedinginan. Carilah label yoghurt yang menuliskan "bakteri hidup dan kultur aktif". Beberapa peneliti percaya bahwa yoghurt dapat merangsang sistem kekebalan tubuh untuk melawan penyakit. Selain itu, studi terbaru tentang vitamin D terbaru telah menemukan hubungan antara kadar vitamin D rendah dan meningkatnya risiko kedinginan dan terkena flu.

8. Gandum

Inti dari benih gandum yang disebut wheat germ memiliki kandungan gizi yang tinggi, di antaranya seng, antioksidan, vitamin B, serta vitamin dan mineral penting lainnya. White germ juga mengandung campuran serat, protein, dan beberapa lemak yang baik.

4 dari 7 halaman

Selanjutnya

9. Kacang Almond

Tahukah Anda, bila mengalami stres, maka hal itu sama artinya dengan menurunkan kekebalan tubuh? Cobalah segenggam almond untuk mengatasinya. Anda disarankan mengonsumsi 1/4 cangkir almond karena dalam takaran tersebut sudah mengandung 50 persen dari jumlah vitamin E yang dibutuhkan tubuh untuk membantu meningkatkan sistem kekebalan. Almond juga mengandung riboflavin dan niacin, vitamin B yang dapat membantu Anda bangkit kembali dari dampak stres.

10. Jeruk Grapefruit

Kandungan vitamin C dalam grapefruit sangat tinggi dan baik untuk tubuh. Namun, hingga saat ini, riset belum dapat membuktikan bahwa Anda dengan mudah mencukupi kebutuhan vitamin C melalui makanan saja, tanpa suplemen, untuk membantu mengobati flu atau pilek. Meski begitu, jeruk grapefruit dapat menjadi pilihan karena mengandung flavonoid (senyawa kimia alami yang berguna meningkatkan sistem kekebalan tubuh). Tidak suka jeruk grapefruit? Anda bisa coba jeruk biasa atau tangerin (jeruk keprok).

5 dari 7 halaman

Selanjutnya

11. Jamur Kancing

Jamur sebenarnya memiliki kandungan mineral selenium dan antioksidan yang tinggi. Berdasarkan penelitian, rendahnya selenium dalam tubuh dapat meningkatkan risiko terjangkit flu yang lebih parah. Selain itu, kandungan riboflavin dan niacin yang terkandung dalam jamur kancing berperan penting dalam sistem kekebalan tubuh. Penelitian terhadap hewan menunjukkan bahwa jamur juga memiliki antivirus, antibakteri, dan efek anti-tumor.

12. Brokoli

Sayuran hijau ini mengandung zat yang dapat meningkatkan kekebalan dasar tubh. Penelitian menunjukkan, zat kimia alami dalam brokoli membantu merangsang sistem kekebalan tubuh. Plus, nutrisi yang melindungi tubuh Anda dari kerusakan. Selain itu, brokoli juga memiliki vitamin A, vitamin C, dan glutathione.

6 dari 7 halaman

Selanjutnya

13. Ubi Jalar

Umbi yang satu ini memiliki beta karoten-antioksidan yang melawan radikal bebas. Ubi jalar juga mengandung vitamin A yang berguna memperlambat proses penuaan dan dapat mengurangi risiko beberapa jenis kanker.

14. Acaiberry

Dikenal dengan istilah "makanan super", acai berry juga menghasilkan antioksidan seperti blueberry. Hanya, kandungan antioksidan acai berry lebih tinggi dan sering disebut anthocyanin. Meskipun acai berry tidak dapat dispesifikkan untuk memerangi penyakit tertentu, antioksidannya dipercaya dapat membantu tubuh Anda melawan penuaan dan penyakit. Acai berry paling sering ditemukkan dalam minuman jus atau smoothie atau yang dikeringkan dan dicampur granula (sereal).

7 dari 7 halaman

Selanjutnya

15. Elderberry

Dalam sebuah studi yang dilakukan ditemukan bahwa ramuan yang terbuat dari ekstrak elderberry mampu memblok virus flu. Beberapa studi kecil yang dilakukan pada manusia menunjukkan bahwa bahan ini dapat membantu Anda lebih cepat pulih dari flu. Namun, para ilmuwan mengingatkan bahwa studi lebih lanjut masih diperlukan. Elderberry sendiri kaya antioksidan dan memiliki kemampuan untuk meredakan peradangan.

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.