Sukses

Bika Ambon Tapi Kok dari Medan?

Namanya Bika Ambon, tapi ini salah satu oleh-oleh khas Medan. Kok bisa ya?

Citizen6, Jakarta Bika Ambon menjadi salah satu oleh-oleh khas Medan yang bisa banyak ditemukan di Jalan Majapahit, Kota Medan. Kelegitannya meskipun membawa nama Ambon tapi tidak akan anda temukan di ibukota Provinsi Maluku sana. Kue yang terbuat dari bahan-bahan seperti telur, gula dan santan ini memiliki banyak varian rasa seperti pandan, cokelat & durian.

Menurut sejarahwan dan budayawan, Tengku M Muhar Omtatok, Bika Ambon berasal terinspirasi dari penganan khas Melayu bernama Bika atau Bingka. Modifikasi pun dilakukan dengan menambahkan Nira atau Tuak Enau yang membuatnya berongga seperti kita kenal sekarang. Penamaan Bika Ambon sendiri karena pertama kali populer dulu di simpang Jalan Ambon, Sei Kera, Medan.

 

Versi lain menyebutkan bahwa manisnya kue ini diperkenalkan pertama kali oleh bangsa Portugis ketika datang ke Ambon. Usman Pelly, seorang antropolog menyatakan bahwa orang Tionghoa-lah yang pertama kali mempopulerkan makanan ini namun belum dikonsumsi secara massal.

Kini kelezatan Bika Ambon sangat populer terutama di sepanjang Jalan Majapahit dengan sekitar 30 toko Bika Ambon yang bisa menjual hingga 1000-2000 kotak per hari. Bagi anda yang sedang jalan-jalan ke Medan, jangan lupa untuk membawa pulang legitnya Bika Ambon sebagai oleh-oleh ya.

 

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini