Sukses

Wisata Istanbul: Turkish Delight, Baklava dan Apple Tea Cafe

Belum lengkap rasanya jika menikmati suasana kota Istanbul, tanpa mencicipi kudapan yang menjadi ciri khas dari Turki: Turkish Delight.

Citizen6, Jakarta Belum lengkap rasanya jika menikmati suasana kota Istanbul, tanpa mencicipi kudapan yang menjadi ciri khas dari Turki: Turkish Delight. Ya inilah kudapan manis yang terkenal seantero dunia. Teksturnya kenyal seperti jel yang keras, dengan pilihan rasa yang beraneka ragam.

Kacang pistachio, hazelnut, kurma dan sebagainya menjadi "isi" dari turkish delight ini, dengan pilihan aneka rasa seperti buah delima, jeruk, rosewater, lemon dan sebagainya. Dalam satu toko, kita bisa menemukan puluhan varian turkish delight yang dijual. Dan buat saya ada harga ada rupa, varian turkish delight yang mahal memberikan rasa yang lebih memanjakan indera pengecap dibanding yang dijual dengan harga yang lebih murah.

Saya pertama kali mencicipi turkish delight ini di sebuah cafe outdoor yang berada di belakang Blue Mosque. Nama cafenya adalah Elif Cafe, sebuah kafe outdoor yang menyajikan aneka kudapan dan minuman khas Turki sebagai menunya. Waktu paling cocok mengunjungi cafe ini adalah di sore hari ketika matahari sudah tidak terlalu terik dan udara berhembus sejuk di kota Istanbul ini.

Teman turkish delight yang menurut saya paling pas adalah Apple Tea, teh beraroma apel ini berbeda dengan yang biasa kita nikmati di Indonesia. Rasa asam segar yang kuat bersentuhan dengan semburat rasa manis membuat saya tidak bisa berhenti untuk mengecap teh yang disajikan dalam gelas mungil yang unik. Walau disediakan gula, tapi saya tidak berani untuk menambahkannya ke dalam teh ini, takut merusak rasa segar yang sudah tersedia.

Selengkapnya

Penulis:

Banyumurti

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.