Sukses

Ini 7 Manfaat Mengonsumsi Jambu Biji

Meski buahnya bukanlah buah yang mahal, jambu biji memiliki banyak manfaat. Apa saja?

Citizen6, Jakarta Jambu biji bukanlah buah yang populer dibanding apel, stroberi, maupun anggur. Jambu biji lebih dikenal sebagai buahnya rakyat biasa. Padahal, jambu biji mengandung banyak manfaat. Berikut di antaranya.

1. Mengobati diare

Untuk manfaat yang satu ini sudah banyak yang mengetahui. Jambu biji memang meimiliki astringen, yakni zat kimia yang akan menyusutkan jaringan tubuh. Ini sebabnya gusi akan terasa lebih keras dan segar setelah kita mengonsumsi jambu biji. Selain itu, jambu biji juga mengandung zat antibakteri yang mencegah pertumbuhan bakteri saat terkena diare. Zat pembunuh bakteri jahat yang terkandung dalam jambu biji tersebut yakni karetinoid, vitamin C, dan potasium.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

Selanjutnya

2. Obat flu dan batuk

Daun jambu biji yang dimakan mentah maupun buahnya yang dikonsumsi secara langsung dan dijus, dipercaya dapat mengobati batuk dan flu. Ramuan ini bekerja dengan cara mengurangi pembentukan lendir serta membuat saluran pernapasan bebas dari infeksi. Vitamin C serta zat besi yang terkandung di dalamnya juga membantu menghambat infeksi virus flu.

3 dari 7 halaman

Selanjutnya

3. Menurunkan hipertensi

Jambu biji sangat baik dikonsumsi untuk menghindari serangan jantung. Buah yang satu ini mengandung hipoglikemik dan kaya akan serat yang bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah dan kadar kolestrol. Di samping itu, jambu biji berukuran sedang dapat mencukupi 20 persen kebutuhan harian tubuh akan potasium. Penelitian menunjukkan, rutin mengonsumsi potasium dapat menurunkan tekanan darah.

4 dari 7 halaman

Selanjutnya

4. Mencegah kanker

Buah yang satu ini mengandung antioksidan melawan kanker yakni likopen. Likopen dalam jambu biji lebih mudah diserap tubuh dibanding pada tomat karena perbedaan struktur selnya. Konsumsi likopen yang cukup sangat berpengaruh pada penurunan risiko kanker prostat pada pria. Semua jenis jambu biji mengandung antioksidan yang tinggi terlebih jambu biji yang berdaging merah.

5 dari 7 halaman

Selanjutnya

5. Mencegah sembelit

Kandungan serat yang tinggi dalam jambu biji efektif untuk mencegah sembelit atau konstipasi. Buah jambu berukuran sedang mengandung 36 persen kebutuhan serat yang direkomendasikan. Selain itu, biji buah ini juga mengandung laksatif yang ampuh berfungsi untuk membantu membersihkan sistem pembuangan pada usus.

6 dari 7 halaman

Selanjutnya

6. Merawat kulit

Kandungan astringet dalam jambu biji akan meningkatkan tekstur kulit dan mengencangkan kulit yang mulai kendur. Tak hanya itu, kandungan vitamin A dan C, serta potasium dalam jambu biji membantu proses detoksifikasi dan menjaga kulit tetap sehat serta bebas dari keriput.

7 dari 7 halaman

Selanjutnya

7. Diabetes

Penelitian yang dilakukan pada tikus, baik buah dan daun jambu biji dapat membantu menurunkan kadar gula darah apabila dikonsumsi secara rutin.

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.