Sukses

9 Tanda Anda Belum Move On dari Mantan

Setelah mengakhiri hubungan, pasti kalimat yang paling sering kita dengar “berjalannya waktu, kamu bisa lupain si dia kok”.

Citizen6, Jakarta Setelah mengakhiri hubungan, pasti kalimat yang paling sering kita dengar “berjalannya waktu, kamu bisa lupain si dia kok”. Tapi sebenarnya berapa lama sih waktu yang dibutuhkan untuk benar-benar melupakan seseorang? Setelah kita menghabiskan banyak waktu untuk belajar mencintai seseorang dan kehilangan dirinya, tentu tidak ada batasan waktu untuk proses penyembuhan dari patah hati.

Waktu terus berjalan dan tekanan dari orang sekitar untuk segera melupakan si mantan terus bermunculan. Bahkan kita pun berpikir sudah saatnya untuk melupakan dan meyakinkan diri sendiri bahwa kita telah melupakan si mantan.
Dilansir dari elitedaily, ada beberapa tanda yang menunjukkan bahwa Anda belum move on dari mantan. Berikut 9 tanda si mantan masih berada di pikiran dan hati Anda:

1. Hampir setiap hari memikirkan mantan

Kadang Anda tidak sadar melakukannya. Saat Anda sedang melakukan kegiatan sehari-hari, terkadang Anda memikirkan apa yang sedang dia lakukan saat ini dan pikiran-pikiran yang berhubungan dengan keadaan mantan. Walaupun pikiran itu hanya sekilas, namun nama si mantan akan selalu mengambang di pikiran Anda.

2. Tertarik dan tidak tertarik dengan semua orang di saat yang bersamaan

Banyak orang yang menarik secara fisik dan kepribadian di sekitar Anda. Pada saat Anda bertemu seseorang yang atraktif dan menarik, Anda akan mulai membayangkan diri Anda menjalin hubungan dengan orang tersebut.
Namun disaat yang bersamaan, semenarik apapun seseorang, Anda menganggapnya tidak semenarik mantan Anda. Anda akan berada di posisi membandingkan semua orang dengan mantan.

3. Suatu hari Anda meyakinkan diri sendiri bahwa Anda telah melupakannya

Terlintas di pikiran Anda betapa menyedihkannya situasi Anda setelah si mantan meninggalkan Anda. Hingga Anda berpikir “betapa bodohnya dia meninggalkan saya. Lebih baik saya sendiri”. Anda mungkin memikirkan hal ini berhari-hari dan berasumsi bahwa pemikiran tersebut mengakhiri perasaan Anda kepadanya. Tapi Anda gagal menyadari bahwa ketika Anda benar-benar move on, Anda tidak perlu meyakinkan diri sendiri secara terus menerus.

4. Masih bersedia melakukan apapun untuk mantan

Anda sadar bahwa Anda sudah tidak bersama dengannya. Tapi Anda akan tetap ada untuk dia saat si mantan membutuhkan Anda. Ketika si mantan butuh teman bicara, Anda langsung menjawab pesannya walaupun dia tidak melakukan hal yang sama. Jika dia membutuhkan bantuan Anda, Anda langsung membantunya mencari solusi. Bahkan Anda rela meluangkan waktu untuk membantunya menghadapi kesulitan yang dialaminya.

5. Anda lupa bahwa hubungan telah berakhir

Anda tahu hubungan berakhir dan si mantan sudah move on bahkan memiliki pasangan baru. Tapi terkadang Anda lupa. Hal ini terlihat dari bagaimana Anda membicarakan dirinya seolah-olah dia masih menjadi bagian dari hidup Anda. Ketika mantan berhasil meraih sesuatu, Anda akan ikut bangga. Anda masih menjadikannya bagian dari kehidupan Anda secara tidak sadar.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

2

6. Mantan masih menjadi orang pertama untuk berbagi kabar gembira

Kita memang memiliki banyak orang di sekitar kita, seperti keluarga dan sahabat. Mereka pun bisa menjadi orang yang bahagia mendengar pencapaian kita. Tapi, Anda masih memilih menghubungi dia untuk berbagi kabar gembira.
Hal ini disebabkan, saat Anda berusaha meraihnya dia selalu ada di samping Anda. Maka ketika Anda sukses meraihnya, Anda berpikir bahwa si mantan akan merasakan kebahagiaan yang lebih saat mendengarnya.

7. Masa kini tidak menarik dibanding masa lalu dan masa depan

Anda terjebak di masa kini. Di mana mantan tidak mendampingi Anda menjalani hari-hari. Memang si mantan dan kenangan berada di masa lalu dan Anda tidak akan tahu apakah di masa depan mantan akan menjadi bagian dari hidup Anda. Maka Anda memilih untuk memikirkan masa lalu atau masa depan yang mungkin bisa memberikan kebahagiaan yang hilang di masa kini.

8. Anda masih memiliki emosi yang kuat terhadap kejadian bersama mantan

Mungkin perpisahan Anda dengan mantan berakhir dengan damai. Walaupun begitu, Anda masih emosional saat mengingatnya. Perasaan bersalah, marah, dan sakit hati mudah muncul kembali. Yang perlu dilakukan orang lain hanya mengungkit sedikit tentang Anda dan mantan, Anda langsung merasakan berbagai macam perasaan.

9. Ketika orang lain mendeskripsikan pasangan, Anda langsung memikirkan mantan

Anda tidak bisa menghentikan pikiran tentang mantan. Ketika diskusi tentang pasangan idaman muncul, maka orang yang Anda bayangkan adalah sosok mantan. Hal ini terjadi karena Anda belum menemukan sosok ideal baru yang bisa Anda bicarakan.

Penulis:

Nabilah Rahmagitha

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.