Sukses

6 Hewan Paling Sulit Ditemukan di Dunia

Hewan-hewan ini sangat sulit ditemukan. Hewan apa saja?

Citizen6, Jakarta Beberapa jenis hewan masuk dalam kategori spesies hewan yang sulit ditemukan. Apa saja?

1. Ichthyophis Kohtaoensis

merupakan amfibi langka yang terdapat di Kamboja, Laos, dan Thailand. Hewan ini memiliki tubuh abu-abu gelap dengan perut kuning. Sekilas, tubuhnya mirip ular panjang dengan ekor runcing. Salah satu yang membuatnya istimewa adalah ia memiliki dua otot yang mengontrol rahang.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Selanjutnya

2. Hiu Berjumbai

Hewan yang satu ini membuat para peneliti kebingungan. Sampai abad ke-19, peneliti mengira hewan ini sudah musnah bersama dinosaurus. Namun sejumlah penemuan baru menunjukkan beberapa nelayan pernah tak sengaja menangkapnya. Hiu ini mirip dengan belut. Tubuhnya memanjang dengan kepala berbentuk segitiga dan tubuh berwarna abu-abu. Ia tak memiliki sirip punggung besar. Berbeda dengan sebagian besar spesies hiu lainnya.

3 dari 6 halaman

Selanjutnya

3. Dugong

Hewan laut yang satu ini juga sulit ditemukan. Dugong hidup di perairan Australia dan wilayah Indo-PAsifik. Mamalia laut ini memiliki tubuh abu-abu panjang dengan dayung seperti sirip ke arah kepala. Ekornya mirip dengan ekor lumba-lumba. Mulutnya berada dalam posisi yang lebih berbalik ke bawah untuk memudahkan memakan rumput di dasar laut.

4 dari 6 halaman

Selanjutnya

4. Saola

Saola sejauh ini merupakan mamalia paling langka di Bumi. Makhluk ini merupakan hewan asli Vietnam dan Laos. Sekilas bentuknya mirip kambing dengan tinggi sekitar 3 meter. Mamalia ini memiliki ekor kecil dan telinga panjang. Ia juga memiliki bintik-bintik putih dan garis di wajahnya.

5 dari 6 halaman

Selanjutnya

5. Monito del Monte

Spesies mamalia ini dianggap punah lebih dari 11 juta tahun yang lalu. Namun, penjelajah modern menemukan makhluk ini di era modern. Marsupial kecil ini memiliki tubuh tikus dengan bulu coklat dan besar, telinga runcing dan ekor panjang. Fitur yang membedakan hewan ini adalah matanya yang besar dan ia hidup di pohon-pohon di hutan hujan. Ekor panjang ini membantu ia untuk berayun dari cabang-cabang.

6 dari 6 halaman

Selanjutnya

6. Addax

Jenis Kijang ini sedikit sekali ditemukan di gurun Sahara. Mereka terlihat seperti banyak spesies kijang lain, namun setelah pemeriksaan lebih lanjut mereka sebenarnya sangat berbeda. Spesies ini memiliki gigi persegi seperti sapi. Juga, tanduk pada spesies ini sangat panjang dan melengkung, sehingga memiliki julukan "Kijang Tanduk Sekrup".

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.