Sukses

7 Pelajaran yang Didapat Saat Ditinggalkan Orang yang Disayang

Ditinggalkan orang yang disayang, pasti berefek terhadap diri kita. Meski demikian, ada pelajaran yang bisa kita ambil. Apa saja?

Citizen6, Jakarta Tak ada yang abadi di dunia ini. Anda bisa saja bersenang-senang dengan orang yang Anda sayangi, lalu esoknya Anda telah kehilangannya. Saat itulah baru Anda menyadari betapa berartinya orang tersebut. Ketika ditinggalkan oleh orang yang disayang, biasanya 7 pelajaran berikut yang akan Anda rasakan.

1. Penyembuhan terhadap luka butuh waktu

Saat kehilangan orang yang disayang, tak dapat dipungkiri, Anda pasti merasa sedih dan kehilangan. Luka hati tak jauh beda dengan luka tubuh, butuh waktu untuk penyembuhannya. Ketahuilah hal tersebut dan jalani proses penyembuhannya. Lakukan berbagai aktivitas untuk menyembuhkan luka tersebut. Jangan terlalu keras pada diri Anda sendiri.

2. Jadikan hidup lebih berguna

Ditinggalkan oleh orang yang Anda sayangi terkadang membuat Anda berpikir bahwa Anda belum melakukan segala yang terbaik untuknya. Hidup memang dapat berubah dalam satu kedipan mata. Karenanya, biasakanlah selalu melakukan yang terbaik dalam hidup agar Anda tak menyesalinya di kemudian hari.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Selanjutnya

3. Tiap orang mempunyai pilihan dalam hidup

Kehidupan sangat singkat. Jangan habiskan waktu untuk meratapi kehilangan orang yang disayang. Dan jangan pula mengambil hal-hal yang negatif seperti mabuk-mabukan atau narkoba untuk menghapus kenangan akan dirinya. Anda pun berhak untuk hidup bahagia. Tinggalkan hal-hal yang buruk tersebut dan mulailah menempa diri agar lebih berguna untuk orang lain.

4. Temukan jati diri dan tujuan hidup

Banyak yang terjebak dengan berusaha menjadi seseorang yang bukan dirinya. Terkadang, orang-orang yang menyayangi kita justru yang membuat kita bersikap demikian. Orang tua yang ingin Anda menjadi dokter, pasangan yang ingin Anda seperti ini. Saat orang yang disayang telah pergi, renungkanlah kembali. Apakah Anda bahagia dengan menjadi diri Anda sekarang? Jika tidak, mungkin sudah saatnya Anda kembali ke jati diri Anda sebenarnya dan menemukan tujuan hidup Anda.

3 dari 4 halaman

Selanjutnya

5. Jangan melarikan diri dari kenyataan

Tetaplah tegar dan kuat. Jangan pula terlalu keras menempa diri Anda sendiri. Ada kalanya hidup harus dihadapi dengan santai dan bersenang-senang. Sesekali keluar dari rutinitas akan membuat hidup Anda lebih berwarna. Bila selama ini Anda melakukan hal-hal yang itu saja saat bersama orang yang disayangi, ketika ia meninggalkan Anda, cobalah hal-hal baru.

6. Jangan biarkan masa lalu menghantui

Masa lalu memang akan menjadi pelajaran. Namun, jangan biarkan ia menghantui hidup Anda seterusnya. Hidup haruslah terus berlanjut. Anda tak seharusnya membiarkan diri Anda dipengaruhi masa lalu yang menyedihkan akibat ditinggalkan orang yang disayangi.

4 dari 4 halaman

Selanjutnya

7. Lebih menghargai seseorang

Orang bilang, Anda baru merasakan berartinya kehadiran seseorang saat ia telah pergi. Jangan sampai hal tersebut terjadi pada Anda. Hargailah setiap orang yang Anda temui. Anda tak akan tahu kapan Anda membutuhkannya atau bahkan kehilangan dirinya.

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini