Sukses

Langkah Ini Bantu Kita Sukses Hadapi Ujian Nasional

UN tahun 2015 akan digelar secara serentak di seluruh Indonesia pada pertengahan April hingga Mei.

Citizen6, Jakarta Ujian Nasional (UN) tahun 2015 akan digelar secara serentak di seluruh Indonesia pada pertengahan April hingga Mei. Kali ini, UN akan di mulai di tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA)/Sederajat pada 13-15 April 2015. 

Tentunya banyak siswa yang merasa takut dan was-was dalam mempersiapkan ujian yang akan menentukan kelulusan tersebut. Seperti yang kita ketahui bahwa UN merupakan momok yang menakutkan bagi para pelajar, guru juga orangtua. Terkadang hasil UN yang diperoleh pun tidak sesuai dengan usaha yang sudah dilakukan oleh para siswa.

Maka daru itu, berbagai cara sudah diupayakan sekolah maupun orangtua agar anak-anaknya bisa lancar mengerjakan soal UN, seperti bimbingan belajar (bimbel) yang dilakukan oleh sekolah dan mengikuti pelajaran tambahan di tempat khusus yang menyediakan paket untuk UN.

Awali dengan berdoa

Kita sebagai umat manusia dalam melakukan segala hal harus diawali dengan berdoa kepada Tuhan untuk diberikan hasil yang baik. Tuhan pun akan melihat kesungguhan hambanNya dengan mengiringi usaha tersebut dengan doa.

Persiapan awal yang matang

Persiapkan kartu ujian dan alat tulis dari malam hari agar tidak ketinggalan. Bawalah alat tulis yang Anda butuhkan seperti pensil, penghapus, rautan, pulpen, penggaris, tip ex, dan jam tangan. Perlengkapan yang Anda bawa ini akan membantu untuk tetap konsentrasi selama mengerjakan ujian.

Tenang dan percaya diri

Yakinkan pada diri Anda bahwa Anda sudah siap untuk mengerjakan ujian dengan baik. Tetap percaya diri dalam menjawab ujian yang Anda kerjakan, karena percaya diri merupakan poin penting dari satu kesiapan dalam UN. Tanpa adanya kepercayaan diri nantinya otak kita akan kehilangan konsentrasi, caranya agar tetap percaya diri yaitu duduk yang tenang dan rileks.

Baca, cermati lalu pahami baru mengerjakan soal

Tips yang satu ini sangat penting. Luangkan waktu 10% untuk membaca soal-soal ujian secara mendalam, tandai kata-kata kunci dan putuskan berapa waktu yang diperlukan untuk menjawab masing-masing soal. Pilihlah untuk menjaab soal yang mudah terlebih dahulu, barus soal yang tersulit.

Sisihkan waktumu untuk memeriksa ulang jawabanmu

Periksalah jawaban Anda terlebih dahulu sebelum dikumpulkan, hindari keinginan untuk segera meninggalkan kelas setelah Anda menjawa soal ujian. Periksa lagi bahwa Anda sudah menjawab semua soal ujian. Periksa juga kelengkapan daftar nama dan nomor ujian.

Semoga tips ini membantu Anda agar berhasil secara maksimal untuk mengahadapi UN, dan hasil yang diterima sesuai dengan yang diharapkan. 

(ul)

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.