Sukses

Mengenal Istri-istri Soekarno (1)

Selama masa hidupnya, inilah 9 sosok perempuan yang pernah mengisi kisah cinta Soekarno.

Citizen6, Jakarta Soekarno, sang proklamator kemerdekaan yang tampan dan kharismatik ini tentu mampu membuat banyak perempuan jatuh cinta. Tercatat selama perjalanannya, Soekarno telah menikah sebanyak 9 kali. Inilah sosok-sosok yang meluluhkan Soekarno ataupun diluluhkan oleh kepiawaian sang orator ini:

1. Oetari Tjokroaminoto

Bernama Netty Oetari, putri sulung dari salah satu tokoh nasional H.O.S. Tjokroaminoto ini adalah istri pertama Soekarno. Mereka menikah pada 1921 di Surabaya saat keduanya masih terhitung belia. Kala itu, Soekarno berusia 20 tahun sedangkan usia Oetari masihlah 16 tahun. Dikarenakan usia mereka, pernikahan yang dilakukan sesuai dengan adat ketika itu adalah "kawin gantung". Umur pernikahan mereka hanyalah seumur jagung. Soekarno bercerai dengan Oetari tak lama setelah Soekarno pindah kos ke Bandung dan jatuh cinta pada Inggit Ganarsih. Pernikahan Soekarno dengan Oetari yang pandai bernyanyi dan menari ini disebutkan adalah bentuk penghormatan Soekarno ada HOS Tjokroaminoto, bapak kos dan guru bagi Soekarno.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

selanjutnya..

2. Inggit Ganarsih

Inggit Ganarsih adalah istri Haji Sanusi, pemilik pondokan dimana Soekarno tinggal selama di Bandung. Sosok Inggit yang lembut dan keibuan ini membuat Soekarno luluh hingga memberanikan dirinya untuk meminta pada Haji Sanusi agar mau menceraikan Inggit. Setelah bercerai dari Haji Sanusi, Soekarno menikah dengan Inggit pada 24 Maret 1923. Inggit yang berusia lebih tua 12 tahun dari Soekarno menjadi sosok yang terus menemani dan mendukung Soekarno bahkan dimasa-masa sulit ketika Soekarno di penjara dan diasingkan. Mereka bercerai pada 1943, karena Inggit menolak untuk dimadu. Kisah cinta mereka bahkan dibukukan oleh Ramadhan KH dengan judul, Kuantar ke Gerbang.

3 dari 4 halaman

selanjutnya..

3. Fatmawati

Bernama asli Fatimah, putri dari Hassan Din salah seorang tokoh Muhammadiyah ini ibu negara pertama yang dimiliki Indonesia. Sosoknya yang ramah dan mudah bergaul ini meluluhkan hati Soekarno sejak dirinya ikut sang bapak ketika mengunjungi Soekarno di Bengkulu dalam pengasingan. Soekarno menikahi Fatmawati yang lebih muda 22 tahun pada 1943, setelah bercerai dengan Inggit. Fatmawati yang turut berperan dalam kemerdekaan Indonesia dengan menjahitkan bendera pusaka kita memberikan 5 orang anak untuk Soekarno. Kisah mereka dapat dibaca di buku biografi, Fatmawati: Catatan Kecil Bersama Bug Karno.

4 dari 4 halaman

selanjutnya..

4. Hartini

Hartini bertemu dengan Soekarno pertama kali 1952 di Salatiga, ketika Soekarno dalam perjalanan untuk meresmikan Masjid Syuhada di Yogyakarta. Mereka bertemu kembali saat peresmian teater terbuka Ramayana di Candi Prambanan. Pernikahan mereka berlangsung pada 1953, di Istana Cipanas meskipun menimbulkan banyak protes dari kalangan anti-poligami. Sejak tahun 1964, Hartini mulai menempati satu paviliun di Istana Bogor dan menemani Soekarno hingga akhir hayatnya. Dari Hartini, Soekarno dikarunia dua orang putra bernama Bayu dan Taufan. Kisah Soekarno dan Hartini dapat dinikmati dalam buku berjudul, Srihana Srihani Biografi Hartini.

 

 **Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini