Sukses

Mengenal Istri-istri Soekarno (2)

Selama masa hidupnya, inilah 9 sosok perempuan yang pernah mengisi kisah cinta Soekarno.

Citizen6, Jakarta Soekarno, sang proklamator kemerdekaan yang tampan dan kharismatik ini tentu mampu membuat banyak perempuan jatuh cinta. Tercatat selama perjalanannya, Soekarno telah menikah sebanyak 9 kali. Inilah sosok-sosok yang meluluhkan Soekarno ataupun diluluhkan oleh kepiawaian sang orator ini:

5. Kartini Manoppo

Kartini, seorang parmugari Garuda Indonesia membuat Soekarno jatuh cinta pada saat melihat lukisan Basuki Abdullah. Kartini Manoppo dan Soekarno menikah pada 1959. Sosok perempuan asal Sulawesi ini memberikan seorang putra untuk Soekarno yang diberi nama Totok Suryawan Sukarno yang lahir pada 1967. Kartini tidak pernah absen setiap kali helatan Sukarno keluar negeri untuk menemani.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

selanjutnya..

6. Ratna Sari Dewi (Naoko Memoto)

Perempuan kelahiran Tokyo, 6 Februari 1940 ini menjadi istri Soekarno disaat usianya masih belia, 19 tahun. Kala itu Soekarno sudah berusia 61 tahun, mereka bertemu pada saat kunjungan Soekarno ke Jepang dan menginap di Hotel Imperial. Ratna Sari Dewi dan Soekarno menikah pada 1962 dan dikaruniai seorang putri cantik bernama Kartika Sari Dewi. Kecintaan Soekarno pada Ratna nampak dari surat cintanya yang berisi, "Aku mempunyai seorang istri, yang aku cintai dengan segenap jiwaku. Namanya Ratna Sari Dewi. Kalau ia meninggal kuburlah ia dalam kuburku. Aku menghendaki ia selalu bersama aku". Tentu saja surat itu menimbulkan banyak kecemburuan bagi istri Soekarno lainnya.

3 dari 5 halaman

selanjutnya..

7. Haryati

Kedekatan Haryati dengan Soekarno tidak dapat terelakan lagi mengingat posisinya sebagai Staf Sekretaris Negara Bidang Kesenian. Haryati yang pintar menari menikah dengan Soekarno ketika berusia 23 tahun pad 1963. Namun pernikahan mereka hanya berusia 3 tahun saja tanpa sempat mendapatkan buah hati.

4 dari 5 halaman

selanjutnya..

8. Yurike Sanger

Yurike adalah seorang pelajar dan anggota Barisan Bhineka Tunggal Ika dalam suatu acara kenegaraan. Soekarno memberanikan diri datang ke rumah Yurike dan bertemu orang tuanya untuk melamar sang gadis. Pernikahan yang berlangsung pada 1964 ini terlaksanan sangat sederhana di rumah Yurike. Pemakzulan Soekarno pada 1967 nyatanya memberi dampak pada hubungan rumah tangga mereka. Soekarno meminta untuk bercerai demi kebaikan Yurike meskipun masih mencintainya.

5 dari 5 halaman

selanjutnya..

9. Heldy Djafar

Heldy menjadi istri terakhir Soekarno yang menikah pada 1966. Soekarno yang sudah berusia 66 tahun kala itu menikahi Heldy yang baru berusia 18 tahun. Usia pernikahan mereka cukup muda, kurang lebih 2 tahun. Komunikasi yang kurang berjalan dengan baik karena Soekarno tengah menjadi tahanan di Wisma Yaso, Jalan Gatot Subroto menjadi persoalan ketika itu.

Baca juga:

- Mengenal Istri-istri Soekarno (1)

 

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini