Sukses

5 Jenis Durian Khas Indonesia yang Populer

Buah yang satu ini memang memiliki penggemar karena rasanya yang sangat lezat.

Citizen6, Jakarta Apakah anda salah satu penikmat buah durian? Yaa buah yang satu ini memang memiliki penggemar karena rasanya yang sangat lezat. Tak heran jika buah ini disebut sebagai rajanya buah atau “King of Fruit”. Di Indonesia, penamaan buah durian disesuaikan dengan wilayah tempat tumbuhnya. Namun ada juga beberapa varietas unggul yang mempunyai nama yang unik. Inilah jenis jenis durian yang populer di Indonesia

1. Durian Abang

Durian khas selanjutnya datang dari kabupaten paling timur pulau jawa, yakni Banyuwangi. Banyuwangi memiliki durian yang berbeda dengan durian lainnya. Yakni durian abang, keunikan durian abang terletak dari warna daging buahnya yang berwarna merah. Itulah sebabnya buah durian yang satu ini di berikan nama durian Abang. Abang dalam bahasa osing berarti Merah. Selain itu daging buah durian merah juga lebih tebal dan manis. Bijinya pun lebih kecil dengan durian lainnya.

Pohon durian merah yang awalnya hanya tiga yang produktif kini sudah ada lebih dari 200 pohon. Dari 63 varian yang berhasil dikembangkan. 11 diantaranya menjadi varian unggul nasional. Anda dapat menemukan durian merah ini di beberapa kecamatan. Yaitu kecamatan Licin, Songgon, Glagah, dan Giri. Pada tahun 2014 pemkab telah membagikan 1000 bibit durian untuk penjual durian dan 1000 lagi untuk ditanamkan di desa kemiren. Hal ini dilakukan agar setiap tahun durian merah bisa di panen.

Selengkapnya

Pengirim:

Hadi Hariyanto

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini