Sukses

Tanpa Uang Selama 15 Tahun, Perempuan Ini Hidup Lebih Bahagia

Seorang perempuan berusia 69 tahun membuktikan bahwa uang bukan jaminan untuk membuat kita hidup bahagia.

Citizen6, Jakarta Percayakah Anda bahwa kita akan hidup bahagia tanpa mengunakan uang sepeser pun? Ya, pasti banyak yang tak mau membayangkannya. Namun, seorang perempuan berusia 69 tahun ini membuktikan bahwa uang bukan jaminan untuk membuat kita hidup lebih bahagia.

Heidemarie Schwermer, perempuan asal Jerman ini mampu menjalani dan bertahan hidup tanpa uang sepeser pun selama 15 tahun. Ia sebelumnya memiliki keluarga yang serba berkecukupan, namun saat Perang Dunia II harta milik keluarganya hilang. Tak butuh waktu lama, keadaan keluarganya pun kembali normal karena sang ayah mendapatkan pekerjaan, dilansir livingwithoutmoney.org pada Selasa (21/4/2015).

"Waktu itu akhirnya kami bisa kaya kembali dan kami berusaha untuk mempertahankannya. Tapi, tetap saja saya harus mandiri saat kaya maupun miskin," tungkas Schwermer.

Perempuan lansia itu sebelumnya adalah seorang guru dan fisioterapis yang memiliki penghasilan cukup besar. Tapi, walaupun hidupnya berkecukupan ia merasa tidak nyaman dengan kehidupan yang sedang di jalaninya beberapa tahun silam.Namun, Schwermer harus mencari cara agar ia mampu bertahan hidup tanpa menggunakan uang sedikitpun.

Akhirnya, pada 1994 silam seorang temannya meminta Schwermer untuk menjaga kediaman pribadinya selama satu tahun. Tak disangka, hingga kini ia masih bertahan di rumah tersebut.

"Saat itu saya hanya coba-coba, namun saya bisa menemukan esensi hidup yang baru. Maka saya tak berniat kembali menjalani hidup seperti yang dahulu," tambahnya.

Schwermer pun tiap hari melakukan kegiatan bersama para tetangga di kawasan rumahnya. Ia juga mendapatkan makan secara cuma-cuma dari warga yang salut dengan keputusan yang diambilnya.

Kini, ia telah menulis dua buku tentang pengalaman hidupnya tanpa uang, juga tidak menerima keuntungan secara materi dan menyumbangkan uang yang diterimanya untuk membuat orang lain bahagia.

(ul)

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.