Sukses

Energi Untuk Bumi, Apa yang Sudah Anda Lakukan Untuknya?

Seperti yang Anda tahu setiap 22 April tiap tahunnya masyarakat di penjuru dunia merayakan Hari Bumi.

Citizen6, Jakarta Tepat hari ini Rabu (22/4/2015), diperingati sebagai Hari Bumi sedunia. Seperti yang Anda tahu setiap 22 April tiap tahunnya masyarakat di penjuru dunia merayakan Hari Bumi dengan membuat sebuah gerakan mengajak orang untuk peduli terhadap bumi dan lingkungan hidup kita.

Hari Bumi tahun ini akan berusaha untuk melakukan perubahan dengan tema "Energi untuk Bumi". Tema ini diambil karena hampir setengah dari emisi gas rumah kaca berasal dari energi yang kita gunakan untuk daya rumah atau mobil kita. Maka dengan tema ini diharapkan setiap individu tersadar untuk mengambil sikap bersama-sama dalam menyelamatkan bumi dengan mengelola nafsu saat menggunakan energi.

Tahun ini bisa menjadi tahun yang paling menarik dalam sejarah lingkungan. Dilansir earthday.org pada Rabu (22/4/15), hal ini disebabkan adanya kesadaran warga negara dan organisasi-organisasi yang berusaha mengganti bahan bakar fosil dengan energi yang dapat diperbarui.

Berawal dari jalanan di New York, Hari Bumi telah menjadi sebuah gerakan global yang mendunia hingga saat ini. Hari Bumi juga merupakan perayaan dan penghormatan terhadap planet bumi yaitu rumah satu-satunya tempat tinggal manusia.

Hari Bumi diselenggarakan pertama kalinya lebih dari 43 tahun lalu pada tanggal 22 April 1970 di Amerika Serikat. Penggagas Earth Day adalah Gaylord Nelson, senator Amerika Serikat dari negara bagian Wisconsin yang juga seorang pengajar tentang lingkungan hidup. Jutaan orang turun ke jalan, berdemonstrasi dan memadati Fifth Avenue di New York ketika itu untuk mengecam para perusak bumi. Momen tersebut kemudian menjadi tonggak sejarah diperingatinya sebagai Hari Bumi.

Jangan takut untuk melakukan hal-hal kecil, karena sekecil apapun akan sangat berpengaruh pada bumi dan lingkungan hidup. Nah, apa yang sudah Anda lakukan untuk menyelamatkan bumi?

(ul)

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini