Sukses

5 Museum dengan Koleksi Terunik di Dunia

Museum merupakan institusi yang melestarikan artefak dan benda ilmiah, seni, budaya, atau sejarah.

Citizen6, Jakarta Museum merupakan institusi yang melestarikan artefak dan benda ilmiah, seni, budaya, atau sejarah. Museum memang menjadi salah satu tempat wisata yang sering dikunjungi wisatawan. Alasan wisatawan berkunjung ke museum pun beragam, ada yang ingin memahami sejarah atau sekedar ingin melihat koleksi yang dimiliki museum. Nah  bagi yang tertarik dengan koleksi unik yang bisa ditemukan di museum, maka Anda wajib mencatat 5 museum ini untuk dikunjungi.

1.    Burnt Food Museum
 
Siapa sangka masakan gosong bisa menjadi koleksi menarik untuk museum? Deborah Henson-Conant, pemain harpa dari Amerika, menemukan ide untuk Burnt Food Museum secara tidak sengaja.

Suatu malam, Deborah sedang menghangatkan sepanci kecil Hot Apple Cider (sari buah apel). Deborah meninggalkan dapur untuk mengangkat telepon yang ternyata berlangsung lama. Sehingga Cider itu pun berubah menjadi Cinder atau gosong.
Nah, museum yang memiliki moto “Memasak ala Burnt Food Museum – selalu tinggalkan kompor dengan api kecil…. kemudian tidur siang yang panjang.” mengajak orang-orang untuk membuat museum masakan gosong mereka sendiri. Karena dalam setiap masakan yang gosong memiliki kisahnya masing-masing.

2.    The Museum of Broken Relationships
 
Saat hubungan berakhir, kita sering bingung memperlakukan barang-barang yang memiliki kenangan dengan orang tersebut. Paling sering sih, kita membuang bahkan membakar barang tersebut beserta kenangannya. Daripada disia-siakan mengapa tidak sumbangkan saja ke Museum of Broken Relationships?

Museum ini berawal dari pameran keliling seputar konsep hubungan yang gagal. Melalui koleksi barang penuh kenangan ini, museum menawarkan kesempatan bagi orang-orang untuk mengatasi kesedihan melalui penciptaan seni.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

2

3.    The Museum of Bad Art
 
Membicarakan tentang museum seni tentu yang dibayangkan oleh kita adalah museum yang dipenuhi dengan karya seni yang menggugah perasaan. Namun The Museum of Bad Art memiliki koleksi yang bertentangan dengan bayangan Anda.

Ya museum ini memamerkan berbagai macam karya seni yang buruk. Museum ini pertama kali menampilkan karya pada tahun 1994. Ternyata museum ini mendapatkan tempat bagi penggemar karya seni. Sebagai satu-satunya museum yang mendedikasikan untuk menampilkan karya seni yang buruk, maka museum ini menampilkan karya secara online untuk meraih khalayak dari berbagai belahan dunia yang menikmati seni ini.

3 dari 4 halaman

3


4.    Sulabh International Museum of Toilets
 
Dari berbagai macam benda di kehidupan sehari-hari, Dr. Bindeshwar Pathak memilih untuk membuat museum toilet. Selama tiga tahun Dr Pathak mengumpulkan rincian terkecil dari evolusi toilet.

Mulai dari menghubungi kedutaan negara lain untuk meminta rincian atau foto-foto dari berbagai desain toilet yang digunakan negara masing-masing. Hingga Dr Pathak turun ke lapangan untuk mengunjungi beberapa negara di seluruh dunia dalam melengkapi sejarah toilet.

Tidak sekedar memberikan sejarah dari toilet, museum ini pun mampu memberikan informasi kepada pembuat desain toilet, produsen peralatan toilet, dan ahli sanitasi. Sehingga kedepannya sanitasi akan lebih baik lagi.

4 dari 4 halaman

4

5.    UFO Museum History
 
Fenomena UFO (Unidentified Flying Object) masih menjadi pederbatan. Ada orang yang meyakini keberadaan UFO dan Alien, namun ada juga yang tidak mengakui keberadaannya.
Walter Haut, petugas informasi publik Roswell Army Air Field, memiliki keinginan mencari tempat sumber informasi insiden Roswell dan fenomena UFO lainnya.
Bersama Glenn Dennis, Haut membuka UFO Museum History pada 1992. Saat itulah mereka baru tersadar betapa banyaknya orang yang haus akan informasi UFO dan Alien. Di museum ini Anda akan menemukan informasi mengenai insiden Roswell, crop circles, penampakan UFO, Area 51, dan penculikan oleh Alien.

Penulis:

Nabilah Rahmagitha

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini