Sukses

Fenomena Warga: Buang Sampah di Sini Pulangnya Ketabrak Mobil

Warga Jakarta makin hari tampaknya makin kehilangan kesabaran,

Citizen6, Jakarta Sering kita melihat pemandangan sampah menggunung di sudut-sudut jalan raya. Padahal tempat itu jelas-jelas bukan tempat pembuangan sampah. Para warga sekitar yang kurang peduli dengan sampah yang dihasilkan sendiri itu sengaja membuang sampah ke tempat yang tidak semestinya karena di sekitar rumahnya memang tidak disediakan tempat sampah.

Celakanya, warga yang tinggal di dalam gang-gang kecil tidak bisa dijangkau oleh gerobak-gerobak sampah yang tiap hari keliling mengambil sampah di tempat-tempat yang sudah ditentukan.

Salah satu contohnya adalah di Jalan Setia Jatiwaringin Bekasi, Jawa Barat. Sebelumnya para wara membuang sampah secara sembarangan di pinggir jalan yang bukan tempat sampah. Lama-lama aktivitas itu menjadi kebiasaan dan tak menyadari bahwa apa yang telah dilakukan itu adalah sebuah kesalahan besar.

Warga Jakarta makin hari tampaknya makin kehilangan kesabaran,

(Keadaan jalan Setia Jatiwaringin setelah dipasangi poster)

Lama-lama, sampah itu menggunung. Selain mengganggu pemandangan, sampah-sampah itu juga mengganggu arus lalu lintas yang melewati jalan tersebut. Tentu saja sampah tersebut juga menimbulkan polusi dan bau menyengat yang menyebar kemana-mana.

Namun keadaan itu langsung berubah. Setelah sampah dibersihkan, tempat itu lalu dipasang banner pemberitahuan. Bunyi lengkapnya, "Pemberitahuan, yang membuang sampah di sini kami doakan mudah-mudahan pulangnya ketabrak mobil, amin..amin".

Tampaknya, poster pemberitahuan yang mengancam itu ampuh. Warga sekitar tak lagi membuang sampah ke pinggir jalan. Tempat itu kini tampak bersih dan rapi. Kini lalu lintas di jalan itu kembali lancar dan bau tak sedap pun menghilang. Entah kemana para warga membuang sampahnya.

Warga Jakarta makin hari tampaknya makin kehilangan kesabaran,

(Poster serupa di ruas jalan yang llain)

Warga Jakarta, setiap harinya memproduksi sampah sampai 7000 ton sehari.

Bagaimana,  apakah kalian pernah menemukan fenomena seperti di atas? Sialkan kirim pengalaman Anda ke kami.
 

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.