Sukses

6 Cara Temukan Orang Yang Tepat Dalam Hidup Kita

Kita sering mendengar nasihat untuk berteman atau memiliki pasangan yang dapat memberikan keuntungan kepada kita.

Citizen6, Jakarta Kita sering mendengar nasihat untuk berteman atau memiliki pasangan yang dapat memberikan keuntungan kepada kita. Keuntungan yang dimaksud yaitu dapat menjadikan diri kita menjadi orang yang lebih baik lagi. Setiap manusia tentu ingin menemukan teman, sahabat, atau pasangan yang cocok sehingga tercipta lingkungan yang positif. Inilah 6 cara menemukan orang yang tepat untuk kehidupan kita yang lebih baik:

1.    Belajar dari masa lalu

Sebelum memulai mencari orang yang tepat. Ada baiknya kita belajar dari hubungan masa lalu. Tentu tidak ada yang inginkan mengulangi kesalahan yang sama untuk kesekian kalinya. Dengan mempelajari hubungan masa lalu, kita akan mengetahui apa yang salah dari cara kita menemukan orang-orang dalam kehidupan kita.

Apakah kita salah masuk pergaulan atau tidak mendengar nasihat dari orang tua? Sehingga Anda terjerumus ke hubungan yang tidak baik dan mempengaruhi kehidupan Anda. Dari sinilah Anda menentukan ‘tempat’ dan ‘waktu’ yang tepat untuk menemukan orang-orang yang memberikan dampak positif untuk kehidupan Anda kedepannya.

2.    Tentukan apa yang Anda inginkan

Anda menginginkan sahabat untuk selamanya? Atau Anda menginginkan pasangan sehidup semati? Setelah Anda menentukan hal ini, maka Anda harus menentukan lagi sahabat atau pasangan seperti apa yang dicari.
Setiap manusia tentu memiliki keinginan dan kebutuhan yang berbeda. Tidak ada salahnya Anda menunjukkan apa yang Anda inginkan dan butuhkan dari orang-orang yang nantinya akan memberikan pengaruh besar dalam kehidupan Anda. Sehingga Anda tidak lagi terjerumus ke pergaulan yang salah karena rtidak bisa menentukan keinginan Anda.

3.    Fokuslah pada tempat yang tepat untuk menemukannya

Anda membutuhkan teman yang memiliki hobi yang sama? Misalnya Anda menginginkan teman yang menyukai membaca. Maka yang perlu Anda lakukan yaitu pergi ke perpustakaan, toko buku, atau bergabung dengan komunitas membaca. Begitu pula dengan kriteria-kriteria lainnya yang Anda butuhkan dari seseorang.
Memang tidak ada bukti bahwa kita bisa menemukan orang yang tepat di tempat yang tepat. Namun tidak ada salahnya berusaha untuk mengunjungi tempat-tempat yang sesuai dengan kriteria kita bukan?

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

2

4.    Jangan mengandalkan First Impression

Memang kesan pertama saat kita mengenal seseorang dijadikan acuan mengenai orang tersebut. Tentu kita tidak ingin dinilai dari kesan pertama saja bukan? Maka berikanlah kesempatan orang-orang yang sudah sesuai dengan criteria kita untuk mendapatkan kesan-kesan berikutnya.
Bisa saja dengan ini, Anda dan orang tersebut memiliki kecocokan dalam berbagai hal. Nah jangan sampai Anda menyesali tidak memberikan orang lain kesempatan kedua untuk membuktikan bahwa diri mereka layak berada di kehidupan kita.

5.    Jangan terlalu fokus menemukan orang yang tepat

Kesalahan yang sering kita lakukan yaitu berfokus pada mencari orang yang tepat. Belum tentu orang yang tidak memiliki seluruh kriteria yang kita inginkan dari seseorang bukanlah orang yang tepat.
Orang yang tepat untuk kehidupan kita tidak bisa ditemukan dari satu atau dua kali pertemuan. Cobalah untuk menghabiskan waktu bersamanya. Bisa saja Anda menemukan kelebihan-kelebihan lain yang dimiliki orang tersebut yang membantu kita menjadi orang yang lebih baik.

6.    Janganlah berpura-pura menjadi orang yang sempurna

Saat menemukan orang-orang yang menurut kita tepat. Maka langkah selanjutnya yang Anda perlukan yaitu menjadi sosok apa adanya. Janganah berpura-pura Anda mampu melakukan apapun dengan sempurna.
Seorang teman, sahabat, atau pasangan merupakan bagian dari hidup kita yang membantu dalam menghadapi kekurangan kita. Dengan terbuka akan kekurangan yang dimiliki, maka orang tersebut pun akan terbuka kepada Anda. Sehingga hubungan Anda dan orang tersebut akan menjadi sempurna karena kedua belah pihak berusaha saling melengkapi.

Penulis:

Nabilah Rahmagitha

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.