Sukses

Lakukan 4 Hal Kecil Ini Untuk Melestarikan Tarian Indonesia

Setiap tahunnya, 29 April diperingati sebagai Hari Tari Sedunia.

Citizen6, Jakarta Setiap tahunnya, 29 April diperingati sebagai Hari Tari Sedunia. Peringatan ini dimulai sejak tahun 1982, dengan tujuan untuk meningkatkan perhatian masyarakat akan seni tari. Terutama bagi orang-orang yang masih awam akan seni tari.

Perayaan ini diperkenalkan oleh International Dance Council (CID, Conseil International de la Danse). CID merupakan organisasi resmi yang memayungi berbagai seni tari di seluruh dunia. Setiap tahunnya, CID akan memberikan pengumuman di website resminya dan memberikan kesempatan tiap negara mempromosikan acara perayaan hari tari.

Namun, untuk berpartisipasi melestarikan dan memperkenalkan tarian kepada masyarakat tidak hanya dilakukan melalui acara besar. Anda pun bisa melakukannya dengan cara-cara ini:

1. Membuat pertunjukan

Anda memiliki kemampuan menari atau grup tari sendiri? Tidak ada salahnya untuk menampilkan tarian khas Indonesia di beberapa tempat publik. Seperti di taman atau lapangan terbuka. Sehingga banyak orang yang akan tertarik melihatnya dan menjadi tahu seni tari. Bisa saja ada orang yang tertarik untuk bergabung dengan Anda.

2. Mencari informasi seni tari

Anda merasa tidak memiliki bakat menari atau belum tahu seni tari? Mulailah melihat-lihat informasi tarian Indonesia dan dunia. Dengan mencari tahu, maka Anda pun akan lebih memahami makna suatu tarian. Sehingga seni tari akan memiliki arti sendiri bagi Anda.

3. Membagikan informasi kepada orang lain

Jika Anda penggemar seni tari atau baru mendapatkan informasi setelah melakukan pencarian, cobalah untuk membagikan ilmu yang Anda miliki. Dengan melakukan hal ini maka akan membantu menyebarkan pentingnya seni tari dalam melestarikan budaya.

4. Menampilkan karya yang berhubungan dengan seni tari

Anda tidak bisa menari namun memiliki kemampuan di bidang lain yang bersinggungan dengan tarian? Langsung saja pamerkan karya atau koleksi Anda. Misalnya Anda memiliki kemampuan dalam menggambar, tidak ada salahnya membuat gambar yang berhubungan dengan seni tari agar memperkenalkan tarian dengan cara berbeda. Bila Anda mengoleksi sesuatu yang berhubungan dengan tarian, seperti kostum atau foto pertunjukan, Anda bisa menunjukkannya kepada orang-orang.

Tidak sulitkan untuk berpartisipasi memperkenalkan seni tari? Jadi tunggu apa lagi, ayo bantu lestarikan seni tari Indonesia dengan caramu sendiri. Jangan lupa untuk selalu menyertakan informasi-informasi dasar mengenai seni tari mulai dari sejarah, ragamnya, dan betapa pentingnya seni ini untuk masyarakat.

Penulis:

Nabilah Rahmagitha

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini