Sukses

Outings, Ajak Mengenali Tokoh Tak Populer pada Lukisan di Museum

Tak semua tokoh dalam lukisan merupakan sosok yang terkenal.

Citizen6, Jakarta Tak semua tokoh dalam lukisan merupakan sosok yang terkenal. Namun setiap tokoh yang dijadikan model dalam sebuah lukisan atau foto tentu memiliki kisahnya masing-masing. Sangat disayangkan tokoh-tokoh tersebut terjebak di dinding museum tanpa dikenali oleh masyarakat.

Julien de Casabianca, seorang artis dan pembuat film asal Perancis, membuat proyek ‘Outings’. Proyek yang menerima partisipasi dari seluruh dunia ini mengajak orang untuk mengenalkan tokoh-tokoh ‘terlupakan’ tersebut ke masyarakat.

Proyek Outings dapat diikuti oleh siapa saja. Anda hanya perlu berkunjung ke museum di sekitar Anda. Saat melihat lukisan atau foto dari tokoh yang tak familiar, segera ambil fotonya. Pastikan hasil foto Anda bagus dan jelas menggambarkan sosok tersebut.

Embed Post:
https://www.facebook.com/outingsproject/photos/pcb.389042861297580/389042341297632/?type=1&theater

Lalu cetaklah dan tempelkan di lokasi yang banyak dilalui oleh orang. Tapi pastikan lokasi Anda menempelkan karya tersebut memang mengizinkan Anda untuk melakukannya. Nah setelah selesai Anda pun bisa mendokumentasikan karya Anda untuk berpartisipasi dalam proyek Outings.

Embed Post:
https://www.facebook.com/outingsproject/photos/pcb.395969600604906/395968110605055/?type=1&theater

Proyek ini memang membuat beberapa orang segan untuk melakukannya. Ya pasti terlintas dipikiran kita takut melanggar hak cipta. Namun yang perlu ditekankan adalah Anda hanya memotret lukisan atau foto yang berusia lebih dari 75 tahun. Proyek Outings ini pun digunakan untuk seni bukan untuk komersial.
Jadi siapa tokoh yang ingin Anda perkenalkan ke masyarakat?

Penulis:

Nabilah Rahmagitha

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.