Sukses

6 Cara Ampuh Hilangkan Rasa Bosan

Siapapun pasti pernah mengalami kebosanan. Rasa bosan datang secara tak terduga dan tiba-tiba.

Citizen6, Jakarta Siapapun pasti pernah mengalami kebosanan. Rasa bosan datang secara tak terduga dan tiba-tiba. Terkadang kita tidak tahu harus melakukan apa untuk menghilangkan perasaan ini. Rasa bosan pun sering membuat kita terjebak melakukan kegiatan-kegiatan yang tidak produktif.

Coba Anda pikirkan, berapa kali Anda tiduran, menyalakan televisi, atau mengecek handphone di kala bosan? Ya saat bosan melanda, Anda berpikir cara yang paling tepat adalah melakukan hal-hal yang menyenangkan. Tapi bukankah lebih baik mengisi waktu bosan itu dengan cara-cara lain?

  1. Kenali Rasa Bosan

Hal pertama yang perlu Anda lakukan saat kebosanan melanda adalah dengan menyadari Anda sedang merasakan bosan. Dengan mengetahuinya, maka Anda dapat menghindari aktivitas yang sia-sia dan tidak produktif.

Alih-alih memberikan kontribusi untuk kegiatan tak produktif, dengan memahami bahwa Anda bosan. Maka Anda pun akan lebih bijak memilih kegiatan apa yang cocok untuk mengatasi kebosanan Anda.

  1. Kelilingi diri Anda dengan orang produktif

Kebosanan itu adiktif. Nah ketika kita dikelilingi orang-orang yang menanggapi kebosanan dengan aktivitas yang tak produktif, maka kita pun akan menganggap hal tak produktif wajar dilakukan saat bosan.

Ada begitu banyak orang di luar sana yang melakukan hal-hal produktif dan bermanfaat. Carilah orang-orang dengan tipe tersebut untuk memberikan kita solusi terbaik dalam menghadapi rasa bosan.

  1. Membaca atau Menulis

Banyak orang yang memilih untuk membaca saat bosan. Ya ini memang kegiatan yang produktif dan efektif. Namun akan lebih efektif lagi jika menciptakan kebiasaan untuk membaca dan menulis.

Mulailah menulis jurnal dan menulis tentang pengalaman Anda. Bisa juga Anda lebih kreatif dengan menulis fiksi. Pada intinya dengan membaca dan menulis akan membuat Anda lebih semangat untuk menghasilkan sesuatu di kala bosan.

  1. Mencoba untuk Irasional

Alasan utama kebosanan sering dialami karena semakin banyak orang yang terlalu ‘rasional’. Begitu banyak perencanaan, berpikir, atau merenung. Buatlah rencana untuk bertindak irasional setidaknya sekali dalam seminggu.

Ya selama perilaku irasional Anda tersebut tidak merugikan orang lain. Dengan melakukan hal ini Anda akan lebih bebas dan melakukan hal-hal yang tak diduga sebelumnya. Sehingga Anda bisa mengurangi rasa bosan dalam kehidupan.

  1. Menghubungi kerabat dekat

Sebagai makhluk sosial, tentu menghubungi kerabat menjadi kegiatan yang menyenangkan. Ketika mendengarkan keluarga atau teman yang sudah lama tak kita temui, maka aka nada banyak cerita yang terlontar.

Melakukan percakapan biasanya membutuhkan waktu yang lama dan tentu saja menghilangkan rasa bosan kita. Selain itu, kita bisa terkoneksi kembali dengan orang-orang yang memiliki tempat penting dalam hidup kita. Anda pun bisa termotivasi untuk melakukan sesuatu yang diceritakan kerabat Anda.

  1. Pergi Keluar dan Bersenang-Senang

Mungkin ini yang paling sering kita lakukan di kala bosan melanda. Dengan pergi keluar bahkan sekedar duduk di taman, Anda akan ditemani dengan keindahan alam sekitar. Alam menawarkan kita banyak inspirasi dan kegiatan.

Bisa juga Anda pegi keluar menuju kerabat atau tempat-tempat yang tak pernah Anda kunjungi sebelumnya. Dengan melakukan hal ini, Anda pun akan terlepas dari jeratan kebosanan dari kegiatan sekitar Anda.

Penulis:

Nabilah Rahmagitha

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini