Sukses

Hari Jazz Internasional, 5 Cara Merayakannya

Citizen6, Jakarta Sejak November 2011, UNESCO mendedikasikan tanggal 30 April sebagai Hari Jazz Internasional. Hal ini dilakukan karena jazz dianggap memiliki peran diplomatik dalam menyatukan manusia di seluruh penjuru dunia.

Hari Jazz Internasional ini diharapkan dapat menyatukan masyarakat dari berbagai kalangan untuk merayakan dan mempelajari tentang Jazz. Selain itu perayaan ini diharapkan juga dapat meningkatkan kesadaran akan perlunya dialog antarbudaya dan saling pengertian serta memperkuat kerjasama dan komunikasi internasional.

Tahun ini Paris dinobatkan sebagai tuan rumah dari perayaan Hari Jazz Internasional. Dilansir dari un.org, Kamis (30/4/15), Perancis sendiri sering diakui sebagai tempat kelahiran kedua jazz setelah Amerika Serikat. Pada hari ini, di Paris Anda akan mendengarkan musik jazz dari pagi hingga malam.

Nah untuk kita yang berada di Indonesia tentu bisa menikmati perayaan ini dengan streaming langsung di JazzDay.com. Anda juga bisa membantu untuk mengedukasi  masyarakat mengenai Jazz dengan menerapkan Take 5.

Inilah beberapa ide 5 menit edukasi Jazz:

1.    Setiap tahun tuan rumah dari Hari Jazz Internasional ini berbeda. Nah Anda bisa mencari tahu bagaimana sejarah Jazz di negara tersebut dan bagaimana budaya negara tersebut yang berhubungan dengan Jazz.
2.    Menonton live streaming dari konser Hari Jazz Internasional, melalui ini Anda akan mengetahui musisi Jazz lainnya dari berbagai negara.
3.    Mencari tahu mengenai musisi-musisi jazz dan ragam yang ditawarkannya.
4.    Memutar lagu jazz di mana pun Anda berada agar semakin banyak yang memahami dan merasakan ‘bahasa’ jazz.
5.    Mencari tahu dan mendiskusikan bagaimana jazz menginspirasi perdamaian, persatuan, kerja tim, dan komunikasi.
6.    Meneliti sejarah jazz di Indonesia. Lalu mencari tahu bagaimana pengaruh musik jazz di Indonesia.

Penulis:

Nabilah Rahmagitha

Artikel Selanjutnya
Rayakan Hari Kemerdekaan dengan Kemeriahan Festival Layang-Layang
Artikel Selanjutnya
Begini Rasanya Rayakan HUT RI di Negeri Orang