Sukses

6 Kesenian Tradisional Indonesia Bernuansa Mistis

Beberapa kesenian asli tradisional Indonesia, berangkat dari kemistisan di sekitar masyarakat. Berikut di antaranya

Citizen6, Jakarta Sebagai negeri yang teramat kaya akan kesenian dan budaya serta adat istiadatnya. Banyak peninggalan dan warisan budayanya yang beberapa diantaranya masih dapat kita temui hingga saat ini. Seperti kesenian kesenian berikut yang dalam pertunjukannya disebutkan mengandung unsur-unsur supranatural atau mistis.

Karena bagaimana mungkin orang tidak terluka setelah dirinya ditusuk oleh benda tajam? Atau bagaimana seseorang dapat berdandan sementara dirinya diikat tali dan dimasukkan ke kurungan? Berikut ini kesenian tradisional yang bernuansa mistis. 

1. Bambu Gila

Menyebrang ke tanah Maluku. Di sana dapat kita jumpai sebuah kesenian yang dinamakan bambu gila. Untuk memulai tarian yang disebut juga bara suwen ini, sang pawang akan membakar kemenyan atau mengunyah jahe dan membaca mantra dalam bahasa tanah yang merupakan salah satu bahasa tradisional Maluku. 

Ingin tahu cerita selengkapnya? Baca langsung di sini

Pengirim:

Asli Indonesia

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.