Sukses

Anaknya Menikah, Orang Tuanya Disuruh Menarik Mobil Pengantin

Dalam sebuah pernikahan, peran orangtua memang sangat penting saat prosesi sakral tersebut berlangsung.

Citizen6, China Dalam sebuah pernikahan, peran orangtua memang sangat penting saat prosesi sakral tersebut berlangsung. Ayah dan ibu biasanya menuntun sang calon pengatin menuju pelaminan. Namun, hal tersebut tidak berlaku bagi calon pengantin di Provinsi Henan, Tiongkok ini. 

Dilansir shanghaiist.com pada Rabu (6/5/2015), seorang bapak terlihat sedang menarik sebuah mobil mewah dengan bertelanjang dada dan berpenampilan kumal. Diketahui, hal tersebut dilakukan pria paru baya ini saat melangsungkan pernikahan anaknya.

Terlihat, pria ini melakukan aksinya dengan didampingi sang istri. Ia nampak menarik tali yang berada dalam mobil pengantin ini. Mempelai pria yang naik di atas mobil pun terlihat memegangi tali yang dililitkan di bagian badan sang ayah.

Aksi tersebut tak hanya sampai disitu. Tubuh dan wajah pria berambut cepak ini juga dipenuhi bedak dengan gambar dan coretan hitam. Sontak acara tersebut mendapat sorotan tamu juga masyarakat di sekitarnya.

Namun, arak-arakan yang dilakukan pengantin ini nyatanya prosesi adat lokal yang biasa dilakoni masyarakat Henan saat salah satu keluarganya melangsungkan pernikahan. Tak disangka, aksinya tersebut langsung menimbulkan pro kontra publik di jejaring sosial.

"Ini benar-benar aneh, hanya orang bodoh saja yang melakukan hal seperti itu," ucap salah satu onliner.

Tapi adapula onliner yang mendukung adat tersebut sebagi bagian dari budaya yang patut dijaga.

"Jangan mengkritik mempelai pria. Di Henan, khususnya di daerah pedesaan ini hal yang biasa bagi para orang tua mempelai pria di hari pernikahannya. Sebenarnya orang tua senang di goda," tungkas onliner lainnya.

(ul)

 **Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.