Sukses

5 Hal Penting Ini Bantu Perbaiki Keretakan Keluarga

Apakah keluarga Anda terjebak dalam suasana yang negatif?

Citizen6, Jakarta Apakah keluarga Anda terjebak dalam suasana yang negatif? Apakah Anda bosan atau tak betah berkumpul bersama keluarga? Apakah Anda bertanya-tanya bagaimana kondisi keluarga bisa seperti ini? Tenang saja, Anda tidak sendiri mengalami hal ini.

Semua keluarga pernah melalui masa-masa ini. Pasti dari diri kita muncul keinginan untuk kembali ke masa keluarga masih harmonis. Namun, hidup tidaklah semudah menekan tombol ulang untuk memperbaikinya. Maka inilah 5 cara memperbaiki keluarga yang mulai terpecah belah: 

1. Memulai percakapan yang mendalam dan bermakna dengan anggota keluarga

Ketika bersama-sama dengan seseorang selama bertahun-tahun tentu sangat mudah untuk kita merasa mengenalinya. Kita berasumsi lebih mengetahui apa yang mereka suka dan tidak suka serta kebutuhan dan keinginan mereka.

Masalahnya adalah manusia itu berubah. Begitu pula dengan anggota keluarga kita. Selera mereka akan berubah. Harapan dan impian berkembang. Pandangan mereka tentang kehidupan telah berbuah secara signifikan.

Maka luangkanlah waktu untuk mengenali kembali anggota keluarga. Dengan mengenal kembali anggota keluarga maka kita bisa kembali mengenali dan memperdalam pemahaman kita akan mereka.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

1

2. Selalu ada untuk keluarga

Setiap anggota keluarga tentu memiliki kegiatannya masing-masing dalam memenuhi kewajiban. Namun hal tersebut tidak bisa dijadikan alasan Anda sering menghilang dari keluarga.

Cobalah luangkan waktu seperti saat semua anggota keluarga sedang berkumpul, tinggalkan kegiatan lainnya. Sekedar duduk bersama sambil mengingat kejadian masa lalu atau hanya menonton televisi bersama tentu membuat masing-masing anggota keluarga menikmati keberadaan satu sama lain.

Paling utama saat keluarga merayakan hari-hari penting seperti ulang tahun, luangkanlah waktu untuk berkumpul bersama. Jangan lewatkan hari-hari yang dulunya selalu Anda rayakan bersama dengan keluarga.

3 dari 5 halaman

2

3. Rencanakan kegiatan yang menyenangkan bersama keluarga

Sediakan waktu untuk merencanakan kegiatan menyenangkan bersama. Jika memungkinkan, pergilah berlibur ke lokasi wisata yang belum pernah dikunjungi. Saat kita merencanakan sesuatu tentu setiap anggota keluarga akan bersemangat dan lebih berbaur dengan anggota yang lain.

Tidak hanya itu, kita pun bisa melakukan kegiatan tim seperti olahraga tim atau permainan lainnya. Dengan membentuk tim, maka masing-masing anggota keluarga akan bekerja sama. Sehingga menumbuhkan lagi kepercayaan, rasa memiliki, dan bersatu dalam keluarga.

4 dari 5 halaman

3

4. Merencanakan masa depan

Dalam keluarga, ketika merencanakan masa depan tidak hanya mengenai diri Anda sendiri. Selalu libatkan anggota keluarga dalam perencanaan masa depan. Perencanaan seperti ini perlu dilakukan karena tidak hanya membuat anggota keluarga merasa terlibat namun Anda akan memiliki orang-orang yang senantiasa mendukung Anda.

Perencanaan bersama-sama memberikan umur panjang untuk hubungan dan memberi keluarga tujuan untuk melangkah ke depan bersama.

5 dari 5 halaman

4

5. Investasikan waktu di keluarga Anda

Selalu ingat untuk selalu mengutamakan keluarga. Begitu banyak dari kita yang hanya di bibir saja menyatakan “keluarga adalah prioritas utama saya”. Namun sangat sedikit dari kita yang benar-benar menerapkan hal tersebut.

Investasi waktu dan energi dalam keluarga dapat mempererat hubungan keluarga, membuat anggota keluarga merasa aman, dan meningkatkan kebahagiaan keluarga.

Penulis:

Nabilah Rahmagitha

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini