Sukses

Museum Surabaya, Alternatif Baru Berwisata Sejarah di Surabaya

Museum ini dapat menjadi alternatif baru berwisata sejarah.

Citizen6, Jakarta Tahukah kalian kalau Surabaya baru saja meresmikan museum terbarunya. Tepatnya pada hari Minggu, 3 Mei 2015 yang lalu, museum ini diresmikan langsung oleh Ibu Risma Trimaharini. Diberi nama Museum Surabaya, museum ini menjadi destinasi baru warga Surabaya dan sekitarnya. Benda-benda yang ditampilkan tak jauh dari namanya, yakni benda yang menjadi saksi bisu perjalanan sejarah Surabaya.
 
Usai menyaksikan Parade Budaya dan Bunga yang bertepatan saat peresmian museum ini, aku memutuskan untuk tidak segera pulang. Bersama dua temanku, kami menyempatkan diri untuk menengok seperti apa museum baru ini. Menempati gedung Siola di Jalan Tunjungan No. 1 Surabaya, museum ini sekaligus menjadi upaya untuk mengembalikan identitas Jalan Tunjungan. You-know-lah Jalan Tunjungan ini memiliki nilai historis bagi kota Surabaya dan semenjak abad ke-20 telah menjadi pusat komersial.
 
Tampilan gedung yang dahulu bernama White Laidlaw ini pun dipercantik. Sebab, tak hanya Museum Surabaya saja yang menempati gedung ini, tetapi juga akan menjadi kantor beberapa instansi pemerintahan. Di luar gedung, sudah tertata rapi taman lengkap dengan aksen air mancur.
 
Sebelum memasuki area museum, pengunjung akan disambut dengan dua meriam kuno dan sebuah lokomotif berwarna hitam. Museumnya sendiri terletak di lantai 1, dari luar Siola sudah terlihat beberapa benda yang ditampilkan. By the way, tak banyak foto yang sempat diabadikan di museum ini. Maklum, baterai kamera habis digunakan jeprat-jepret parade.

Ingin tahu cerita selengkapnya? Baca langsung di sini

Pengirim:

Rosiy

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini