Sukses

ICarE 2015, Menginspirasi Generasi Muda Indonesia untuk Berkarya

ICarE berusaha untuk menjembatani kebutuhan karir pelajar Indonesia di Australia dan kebutuhan perusahaan-perusahaan di Indonesia

Citizen6, Jakarta Mengingat banyaknya pelajar Indonesia yang menimba ilmu di Australia, Perhimpunan Pelajar Indonesia Australia (PPIA) Melbourne University kembali menyelenggarakan Indonesian Career Expo atau ICarE untuk tahun kedua. Masih dengan tujuan yang sama, yaitu untuk memfasilitasi pelajar Indonesia di Australia untuk berkontribusi dengan berkarya di Indonesia.

ICarE berusaha untuk menjembatani kebutuhan karir pelajar Indonesia di Australia dan kebutuhan perusahaan-perusahaan di Indonesia akan tenaga kerja yang berkualitas melalui berbagai program acara yang menarik.

Acara yang akan berlangsung selama dua hari ini akan dimulai dengan “The Premiere” pada tanggal 15 Mei 2015 di The University of Melbourne. Berbagai pembicara ternama dari Indonesia akan hadir di Melbourne dan memberikan pesan-pesan inspiratif yang dapat membekali pengunjung dengan wawasan dan sudut pandang yang baru mengenai hal-hal yang dapat mereka lakukan untuk memajukan bangsa Indonesia.

Melalui acara ini, pengunjung diberikan kesempatan untuk berinteraksi dan berdiskusi langsung dengan pembicara-pembicara influential Indonesia seperti Bapak Emirsyah Satar, seorang ekonom Indonesia yang pernah menjabat sebagai Direktur Utama maskapai penerbangan Garuda Indonesia. Lisa Suroso, co-founder doctorSHARE Foundation yang mengoperasikan Rumah Sakit Apung pertama di Indonesia,  dan Ibu Maya Hasan, pemain harpa professional, juga akan turut hadir dalam malam pembukaan ICarE ini.

Acara Career Expo sendiri berlangsung pada tanggal 16 Mei 2015 dan akan diselenggarakan di The State Library of Victoria. Dalam expo ini, berbagai perusahaan ternama Indonesia, yakni Permata Bank, ANZ Indonesia, Commonwealth Life, AXA Indonesia, dan SCTV, akan hadir dan memberikan kesempatan bagi pelajar-pelajar Indonesia untuk lebih mengenal masing-masing perusahaan.

Representatif dari perusahaan-perusahaan ini akan dengan senang hati memberikan informasi bagi pengunjung mengenai lapangan pekerjaan dan peluang kerja yang dapat mereka peroleh, serta membimbing proses aplikasi pekerjaan. Masih pada hari yang sama, juga akan diselenggarakan iExperience Seminar Series, yang terdiri dari beberapa seminar interaktif yang akan dibawakan oleh representatif dari perusahaan yang hadir dengan tujuan untuk memberikan wawasan yang lebih dalam mengenai budaya kerja perusahaan tersebut. Bukan hanya itu, beberapa perusahaan juga akan mengadakan wawancara dan proses rekrutmen bagi pengunjung yang berminat untuk bekerja ataupun magang di perusahaan yang bersangkutan.

Pengunjung juga diberikan kesempatan untuk menghadiri Insight Dinner, yang akan berlangsung pada tanggal 16 Mei 2015. Dalam acara semi formal ini, peserta akan diberikan peluang untuk berbincang dan berdiskusi langsung dengan para representatif-representatif dari berbagai perusahaan sambil menikmati makan malam. Dengan suasana yang lebih rileks, acara ini memungkinkan peserta untuk dapat lebih mengenal representatif-representatif perusahaan yang hadir, sehingga dapat membangun hubungan dan jaringan yang lebih dalam.  

Selain main events yang akan berlangsung pada tanggal 15 dan 16 Mei 2015 ini, Start Smart, yang merupakan pre-event ICarE, akan diselenggarakan pada tanggal 9 Mei 2015. Mengambil tempat di The University of Mebourne, acara ini bertujuan untuk mempersiapkan para pelajar dalam menghadapi job interviews di kemudian hari. Melalui berbagai sesi workshops yang akan dipimpin oleh representatif dari Superstar Education, Start Smart diharapkan dapat membantu pelajar dalam menulis Curriculum Vitae (CV) yang baik dan menarik, juga dalam meningkatkan dan mengembangkan kemampuan berbicara dan presentasi mereka.  

ICarE 2015 diharapkan dapat memberikan nuansa career expo yang lebih akrab dan inspiratif bagi para pengunjung. Tentunya dengan mengikuti ICarE 2015 pengunjung tidak hanya akan mendapatkan kesempatan bekerja di perusahaan-perusahaan kenamaan, namun juga memiliki pengetahuan lebih dalam mengenai pentingnya pembangunan Tanah Air oleh seluruh rakyat Indonesia – bahkan oleh mereka yang sedang tinggal di tanah rantauan.

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.