Sukses

Desain Uang Kertas Indonesia Ini Disebut Terbaik di Dunia

Citizen6, Jakarta Meski saat ini penggunaan uang kertas dan uang logam sudah mulai tergantikan oleh pembayaran non tunai dengan kartu, namun tak dapat dipungkiri bahwa uang kertas dan uang logam masih menjadi alat pembayaran yang digunakan banyak orang. Bahkan untuk uang kertas, ternyata tidak asal cetak. Uang kertas mesti didesain sedemikian rupa agar tampak menarik. Tiap pecahannya memiliki desain yang berbeda.

Nah, tahukah Anda? Untuk uang milik Indonesia yang dikenal dengan uang rupiah atau uang Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), desainnya didaulat sebagai desain mata uang terbaik di dunia. Selain karena dibuat dengan bahan yang berkualitas, desainnya pun mendapat banyak pujian dari dalam dan luar negeri. Sebelum diedarkan, uang NKRI haruslah mendapat persetujuan dari Menteri Keuangan, Internal BI, dan juga Presiden RI.

Dalam proses pembuatannya pun, uang Indonesia menggunakan teknologi canggih yang sulit dipalsukan. Delinavit merupakan sebutan untuk para perancang uang kertas. Sebagian besar uang kertas Indonesia yang terbit antara tahun 1952 hingga 1988 mencantumkan nama desainer uang tersebut. Anda dapat melihat nama perancang uang kertas dengan cara melihat keterangan tersebut di bagian muka uang sebelah kiri bawah. Biasanya nama desainer ditulis dalam huruf kapital diikuti dengan tulisan "DEL" yang berarti Delinavit.

Indonesia mulai membuat ilustrasi untuk uang kertas sendiri pada masa Orde Lama. Oesman Effendi dan Abdul Salam merupakan para pelukis ilustrasi uang kertas NKRI pertama. Awalnya, uang kertas NKRI diterbitkan dengan tema atau seri tertentu, seperti: seri binatang (1957), seri flora/fauna (1959), seri pekerjaan tangan (1958-1964), seri Soekarno (1960-1961), dan seri Sudirman (1968). Sayang, kini uang kertas NKRI hanya diterbitkan dengan tema yang acak. Bahkan sejak edisi 1992, uang-uang kertas Indonesia tidak lagi mencantumkan nama perancangnya.

Meski demikian, desain uang kertas NKRI tercatat sebagai desain uang kertas terbaik di dunia. Desain terbaik ini didapat oleh pecahan uang Indonesia bernilai Rp 10.000 pada tahun 1975. Pecahan ini dirancang oleh almarhum Junalies. Mata uang ini dikatakan terbaik se-Asia bahkan dunia. Uang Rp10.000 ini memiliki corak yang indah dan khas. Gambar relief seolah mengingatkan kita akan kejayaan dan supremasi Bangsa Indonesia dimasa lalu, dan tentunya uang ini memiliki corak kebudayaan yang kental.

Prestasi lain diraih oleh pecahan Rp 20.000 pada tahun 1998. Uang kertas pecahan yang satu ini sangat unik dan belum ada yang bisa menyamai desainnya. Wah, ternyata uang kertas NKRI hebat juga ya?

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.