Sukses

#9thGempaJogja, Mengenang Peristiwa Duka Warga Yogjakarta

Tepat 27 Mei 2006 silam masyarakat Yogyakarta mengalami bencana besar yang memakan banyak korban jiwa.

Citizen6, Jakarta Tepat 27 Mei 2006 silam masyarakat Yogyakarta mengalami bencana besar yang memakan banyak korban jiwa. Lindu berkekuatan 5,9 Skala Richter (SR) pun mampu memporak-poranda ribuan rumah warga.

Hari Ini Rabu (27/5/2015) masyarakat Yogya pun mengenang peristiwa duka tersebut. Pantauan Citizen6 di linimasa Twitter, terlihat Sejak Selasa (26/5/2015) malam para onliner memulai beragam ciapannya terkait bencana yang terjadi pada 9 tahun lalu.

 

 

 

 

Para onliner pun mencantumkan hastag #9thGempaJogja dalam ciapannya untuk mengenang peristiwa ini. Banyak dari onliner menuturkan kronologi maupun suasana gempa yang mereka alami, adapula onliner yang turut mengheningkan cipta.

 

 

 

 

Namun, tak sedikit pula onliner yang mem-posting foto-foto pasca gempa melanda daerah mereka. Dalam gambar terlihat kondisi rumah yang sudah rata dengan tanah.

 

 

 

 

 

Saking banyaknya ciapan yang membanjiri linimasa, perbincangan gempa Yogya pun menjadi topik yang paling ramai dibahas onliner. Bahkan tagar #9thGempaJogja pun sejak Rabu pagi sudah berada di jajaran trending topic teratas Twitter.

Peristiwa yang terjadi pukul 0.53 WIB itu pun memakan 3 ribu nyawa di seluruh Daerah Istimewa Yogyakarta -- dari total 6.234 hidup manusia yang terampas. Menurut data Badan Survei Geologi Amerika Serikat (USGS), magnitude-nya 6,3 SR dengan kedalaman 7,5 km. Gempa terjadi di dekat permukaan di sepanjang patahan di Lempeng Sunda, sekitar 20 km selatan-tenggara Yogyakarta.

(ul)

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.