Sukses

Macam-macam Pose Patung Buddha Beserta Artinya

Tahukah Anda, tiap pose patung Buddha ternyata memiliki makna tersendiri

Citizen6, Jakarta Saya sendiri nggak punya terlalu banyak teman yang beragama Buddha sebenernya. Tapi saya pernah ikut merasakan keriuhan upacara Waisak di Borobudur beberapa tahun yang lalu. Dasarnya, saya selalu mengagumi setiap upacara dan tradisi, baik keagamaan maupun tradisional. Jadi ya waktu itu, tentu saja dari jarak tertentu agar tak mengganggu jalannya upacara, saya sempat menyaksikan upacara peringatan Tri Hari Suci Waisak di pelataran Candi Borobudur.

Hingga kemudian, saya sempat mempelajari berbagai posisi dan pose patung Buddha saat saya masih bertanggung jawab pada desain marketing produk handicraft beberapa tahun yang lalu.

Oh ya, btw, kalau di beberapa negara di Amerika dan Eropa, orang memasang patung-patung Buddha ini di dalam rumah mereka tanpa tendensi keagamaan. Mereka umumnya percaya, bahwa dengan menghadirkan patung Buddha di dalam interior rumah, maka keseimbangan hidup, ketenangan, dan hawa yang sehat akan memenuhi setiap sudut rumah.

Jadi memang banyak sekali produsen patung Indonesia yang menjadikan patung-patung Buddha ini sebagai produk ekspor unggulan mereka. Bahannya juga bermacam-macam, ada yang dari batu candi, batu cadas putih, hingga resin yang dicetak. Ukurannya? Jangan ditanya lagi. Dari yang super guede untuk ditaruh di taman, hingga yang mungil untuk ditaruh di sudut meja. Karena ya gitu, mereka percaya aura rumah akan membaik bersama hadirnya para patung Buddha ini.

Uniknya memang ada banyak sekali posisi patung Buddha, dan ummmm … karena waktu itu saya harus mengeksekusinya dalam bentuk katalog, nggak mungkin saya ngawur aja memberi caption dan copywriting pada setiap pose dan posisi. Jadilah saya gugling mengenai berbagai pose dan posisi Buddha ini.

Ini beberapa pose Buddha sependek saya tahu, posisi dan juga artinya. *Ya, ya, untung masih simpan catatan riset waktu itu  * Kalau ada yang salah, mohon dikoreksi yah. Karena ini hanya berdasar riset via internet aja, dan udah beberapa tahun yang lalu. Barangkali ada yang alpa

1. Meditating Buddha

Pose meditating Buddha ini paling banyak ditemukan di altar Buddha di rumah-rumah. Posenya, Buddha dalam posisi duduk dengan kedua tangan dalam posisi meditasi yang disebut mudra kosmik. Kedua tangan saling tumpang tindih. Tangan kiri ditempatkan di atas tangan kanan, dengan ujung ibu jari saling menyentuh membuat bentuk oval yang melambangkan refleksi.

Patung pose meditating Buddha seperti ini harus dihadapkan ke arah timur karena Buddha bermeditasi pada matahari terbit untuk mencari pencerahan.

2. Laughing Buddha

Patung Laughing Buddha ini kalau tak salah ingat, adalah patung yang paling best seller dari semua pose patung Buddha. Konon sih pose ini dipercaya membawa keberuntungan, kemakmuran atau kelimpahan. Pose ini menggambarkan Buddha sebagai pribadi yang sangat bahagia dan perut besarnya menyimbolkanhidup yang berkelimpahan berkat.

Sebenarnya pose ini juga beragam banget macamnya. Ada yang Buddha tertawa sembari kedua tangannya diacungkan ke atas, ada yang tertawa sambil membawa uang emas, ada yang tertawa sambil membawa gitar kecil, dan lain sebagainya. Masing-masing juga mempunyai arti yang beda-beda, tapi intinya satu. Buddha bahagia atas hal-hal yang sedang dibawanya. Artinya, kita diajak bersyukur dan berbahagia atas apa pun yang kita punya.

Ingin tahu cerita selengkapnya? Baca langsung di sini

Pengirim:

Carolina Ratri

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini