Sukses

UGM Ciptakan Inovasi Uwi Jadi Minuman yang Enak dan Berkhasiat

Mahasiswa UGM Ciptakan Inovasi Uwi menjadi minuman yang bermanfaat dan sehat dengan penuh rasa untuk menunjang AEC 2015

Citizen6, Jakarta Si Kuik merupakan Sari dan Serbuk Uwi Putih unik penuh rasa yang dikemas dengan higienis sebagai penambah nutrisi tubuh ini dikembangkan oleh Lima Mahasiswa UGM yang lolos PKM-K didanai 2015.

Mereka adalah Willybrordus Krisna Kristiaji dari Fakultas Ekonomika dan Bisnis, Ridwan dari Fakultas Peternakan, Amalia Savitri dari Fakultas Teknologi Pertanian, serta Meisa Rinawati dan Sahal Sabilil Muttaqin dari Fakultas Biologi.

“Di Indonesia pangan lokal belum termanfaatkan secara maksimal, sehingga banyak petani kurang dapat menikmati hasil tanaman yang ditanam dalam setiap harinya. Begitu juga untuk hasil laba yang diperoleh. Uwi putih salah satu pangan lokal yang dapat dimanfaatkan sebagai pangan alternatif yang biasanya hanya direbus oleh petani maupun masyarakat. Sehingga perlu adanya inovasi baru dalam pemanfaatan olahan uwi tesebut”

Di tahun 2015, adanya AEC (Asean Economic Community) yang keberadaannya mampu mempengaruhi kondisi perekonomian Indonesia itu akan membuka luas pasar arus ekspor-impor barang dan jasa ataupun intevestasi antar negara ASEAN dimana permasalahan tarif dan non tarif sudah tidak diberlakukan kembali. Dengan diberikannya kemudahan untuk bertransaksi antar negara di Asia Tenggara meyakini dapat menjadi peluang ataupun tantangan bagi perekonomian masyarakat Indonesia.

Sehingga dengan menciptakn sari dan serbuk uwi dari uwi putih menjadi solusi AEC bagi masyarakat dalam meningkatkan perekonomian masyarakat. Kewirausahaan menjual sari dan serbuk uwi menjadi salaha satu olahan yang dapat menguntunkan peningkatan kesejahteraan masyarakat. Ditambah lagi potensi uwi dimasyarakat yang cukup banyak.

Salah satu sumber daya hayati yang potensial untuk diangkat sebagai produk unggulan adalah uwi (Dioscorea alata) . Terlebih uwi putih belum dimanfaatkan secara maksimal oleh sebagian maksimal oleh sebagian masyarakat. Padahal uwi putih dapat tumbuh subur diwilayah Indonesia. Pemanfaatan uwi putih hanya dilakukan dengan cara dikukus untuk makanan alternatif.

Padahal uwi putih banyak mengandung senyawa antioksidan yang sangat diperlukan oleh manusia. Oleh karena adanya senyawa antioksidan yang dapat menghambat oksidasi lipid, mencegah kerusakan, perubahan dan degradasi komponen organik dalam bahan pangan. Sehingga diperlukan pengolahan yang higiensi dan bermanfaat yaitu SI-KUIK, minuman sari dan serbuk uwi putih.

Keberadaan uwi putih sangat sering dijumpai dilahan / tanah warga dan biasanya dapat dengan mudah ditemukan dipasaran saat musim panen sekitar bulan Maret. Uwi putih yang digunakan dalam penelitian ini didapatkan dari pasaran seperti Pasar Kranggan. Kemudian di proses produksi menjadi sari uwi putih. Namun keberadaan uwi putih kadang kala terganggu, sehingga menggunakan uwi ungu.

Inovasi uwi putih sebagai minuman sari uwi belum dapat ditemukan dipasaran. Melihat belum ada kompetitor dipasaran, kami mencoba memproduksi minuman tersebut dalam skala kecil karena merupakan produk awal. Penjualan hasil produksi melalui pameran, masuk fakultas ataupun pasar tiban.

Harapannya, inovasi uwi putih dapat terus dikembangkan di masyarakat sebagai pangan altenatif selain beras, mengingat kandungan dan manfaat uwi yang bagus untuk kesehatan tubuh.

Pengirim:

Ridwan  

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini