Sukses

Puluhan Lampion Menjadi Penutup Manis Sangkar Seni 2015

Lebih dari 1000 orang ramai mendatangi Gedung Cagar Budaya Sobokartti untuk menyaksikan acara puncak Sangkar Seni 2015

Citizen6, Jakarta Lebih dari 1000 orang ramai mendatangi Gedung Cagar Budaya Sobokartti untuk menyaksikan acara puncak Sangkar Seni 2015 tadi malam, yang bertajuk Gelebyar Lokapala. Pengunjung disuguhi berbagai macam acara hiburan seperti : Wayang oleh Dalang Cilik Sobokartti, penampilan tari tradisional, penampilan musik Jazz, penampilan Teater Kotak, dan di akhir acara, pengunjung diajak menerbangkan sebanyak 50 lampion ke udara secara serentak sebagai simbol syukur, doa, dan penutupan rangkaian acara Sangkar Seni 2015.

Selama 2 hari pelaksanaannya, Sangkar Seni berhasil mengobati kerinduan para penikmat budaya di Kota Semarang khususnya dengan berbagai mata acara, yaitu: Pameran Nagari Purwa yang memajang berbagai macam karya lukisan, batik, dan wayang khas Jawa, Rembug Sobokartti, tak ketinggalan Ndamel Wayang dan Dolanan Gamelan yang dilatih langsung oleh pelatih dari Sobokartti.

Di acara ini turut pula hadir Dosen Ilmu Komunikasi Univ Diponegoro, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Semarang, seluruh finalis Denok Kenang 2015 dan Komunitas baik seni dan non seni.

Acara Sangkar Seni ini merupakan persembahan dari Sobokartti bekerjasama dengan Jurusan Ilmu Komunikasi Universitas Diponegoro, diadakan dengan tujuan untuk menghidupkan kembali eksistensi Sobokartti sebagai cagar budaya di Semarang, serta mengajak para pemuda untuk ikut mengenal, menyayangi, hingga melestarikan kebudayaan Jawa tradisional kebanggaan kita semua.

Karena mewariskan kebudayaan dari generasi ke generasi sangat penting dilakukan untuk menjaga kelestarian budaya agar tidak hilang atau bahkan diklaim oleh negara lain, hingga yang tertinggal hanya bangsa tanpa identitas budaya.

Terbukti, dengan acara Sangkar Seni ini untuk menjaga kebudayaan kita bukanlah suatu hal yang sulit, ikut berpartisipasi melestarikan budaya dapat pula dilakukan dengan cara yang menyenangkan dan dinikmati oleh semua kalangan, termasuk anak muda. Sampai jumpa di Sangkar Seni tahun berikutnya! Salam budaya! 

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini